HTTP Status[404] Errno [0]

Mendarat di Laut. Lion Air Patah Dua

13 April 2013 12:32
Mendarat di Laut. Lion Air Patah Dua
Pesawat Lion Air, Sabtu (13/4/2013) tergelincir di ujung landasan bandara Ngurah Rai Bali, hingga pesawat mendarat di laut.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Pesawat Lion Air, Sabtu (13/4/2013) tergelincir di ujung landasan bandara Ngurah Rai Bali, hingga pesawat mendarat di laut.

Pesawat Lion Air, Sabtu (13/4/2013) tergelincir di ujung landasan bandara Ngurah Rai Bali, hingga pesawat mendarat di laut.

BugisPos — Kecelakaan pesawat terbang kembali terjadi. Sebuah pesawat milik Lion Air jenis Boeing 737-900 ER mendarat di laut sebelum sampai di Bandara Ngurah Rai Bali. Akibatnya pesawat terbelah menjadi dua. Sebanyak 101 orang penumpang yang ada di dalamnya dikabarkan selamat.

Kepala Humas PT Angkasa Pura I Hendy Henryyudithianto membenarkan telah terjadi kecelakaan pesawat tersebut. “Benar telah terjadi kecelakaan pesawat Lion Air. Saat ini kita sedang berupaya melakukan evakuasi korban,” kata Hendy,  Sabtu (13/4/2013).

Pesawat dengan kapasitas 172 penumpang tersebut dikabarkan akan melakukan landing di bandara tersebut pada pukul 03.50 WIB. Namun penyebab kecelakaan tersebut belum diketahui, pesawat mengalami ditching atau pendaratan di laut.

 Sebelum jatuh, pesawat Lion Air menerobos awan hitam. Kejadian itu kira-kira lima menit sebelum mandarat. Rendi bersama istri duduk di 20E dan 20F, persis sejajar dengan sayap pesawat. Posisinya di pinggir sehingga melihat jelas kondisi di luar.

“Istri masih sempat bilang, kok, kayak hujan, ya? Tiba-tiba pesawat menerobos awan hitam, tapi tidak tebal,” kata Rendi bersama istri dari Bandung yang bermaksud liburan ke Bali, Sabtu (13/4/2013).

Pernyataan serupa dikemukakan Artami, yang menjadi korban bersama Untung Susanto, suaminya.

“Kejadiannya mendadak saja. Saat di atas tidak ada guncangan, tetapi beberapa menit sebelum jatuh ada hujan dan awan di atas,” kata Artami.

Agung Hartawan (30), seorang saksi mata yang kebetulan sedang berlibur di Pantai Kuta mengatakan, saat terjadi kecelakaan pesawat Lion Air yang diduga gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, terjadi hujan deras.

Agung mengatakan, saat itu sekitar pukul 15.37 Wita, dia sedang berjalan-jalan di Pantai Kuta, sekitar dua kilometer jauhnya dari lokasi kejadian.

“Saat pesawat landing, ujung landasan yang mengarah ke laut cuaca hujan sangat deras disertai kabut, tapi landasan yang daratan tidak hujan,” kata Agung, warga Denpasar.

Jadi, kata Agung, dia melihat pesawat tidak mendarat di landasan, tapi meleset ke arah air laut. Saat kejadian, Agung mengaku tidak mendengar suara ledakan.

Pesawat Lion Air penerbangan Bandung-Denpasar tergelincir di ujung landasan dan masuk ke laut sekitar pukul 15.10 Wita saat melakukan pendaratan, Sabtu (13/4/2013).

Menurut Alfansyah dari bagian humas Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pesawat tersebut membawa 172 penumpang dan saat ini dalam proses evakuasi. Namun menurut informasi terakhir, jumlah penumpang pesawat 101 orang.

Bandara Ngurah Rai Ditutup

Terkait terjadinya kecelakaan pesawat Lion Air di Bandara Ngurah Rai, Bali, penerbangan di bandara tersebut dihentikan, Sabtu (13/4/2013), demi kelancaran proses evakuasi penumpang pesawat tersebut.

Seperti dirilis KOMPAS.com, Kepala Humas PT Angkasa Pura I, pengelola Bandara Ngurah Rai, Hendy Henriyudithianto mengatakan, bandara ditutup untuk melakukan evakuasi peenumpang dan pesawat. “Saat ini masih dalam proses evakuasi,” ujarnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, pesawat Boeing 737-800 NG buatan tahun 2013 mengalami crash dan mendarat di laut (ditching), Sabtu pagi sekitar pukul 15.40 Wita atau 10 meter sebelum runway 09 Bandara Ngurah Rai.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kecelakaan. Saat kejadian, dilaporkan cuaca di sekitarnya cerah.(gaf)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya