HTTP Status[404] Errno [0]

Kelas Menengah Kita Belum Maksimal

21 April 2013 15:01
Kelas Menengah Kita Belum Maksimal
Hatta Radjasa
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan kalangan kelas menengah di Indonesia belum optimal memberi kontribusi terhadap sektor usaha produktif dan padat karya. Hal itu dikatakan Hatta di Universitas Udayana, Denpasar Bali, Jum’at 19/04/12.
“Banyak kritikan terhadap golongan middle class (kelas menengah) di negara kita. Kelas menengah kita yang belum maksimal berkontribusi dalam membangun bangsa,” ujar Hatta.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu prihatin dengan perilaku kelas menengah yang cenderung konsumtif. Meski pertumbuhan kelas menengah cukup pesat, namun belum memberikan sumbangan terhadap kegiatan ekonomi produkfi.

“Sehingga digambarkan kalangan menengah kita cenderung konsumtif bukan produktif. Padahal golongan menengah di Indonesia terus tumbuh dengan pesat hingga saat ini menembus 50 juta orang,” ucap Hatta.

Hatta memaparkan sejumlah indikator yang menggambarkan rendahnya tingkat kepemilikan tabungan nasional yang hanya 32 persen saja dari total PDB Indonesia. Menurut Hatta, persentase tersebut tergolong rendah, baik di level Asia maupun negara-negara ASEAN.

“Kontribusi kelas menengah memang sudah ada yaitu konsumsi yang sangat tinggi mendrive konsumsi domestik. Namun tingkat Tabungan nasional kita hanya 32 persen dari total PDB. Ini yang terendah di negara ASEN dan di negara Asia lainnya,” ulas Hatta.

Ia berharap kelas menengah dapat menjadi motor penggerak roda perekonomian. “Kelas menengah menjadi kunci percepatan penurunan kemiskinan. Inilah kunci motor perubahan. Di sini penting membuat strategi untuk mendorong masyarakat kita jauh lebih produktif,” pungkas Hatta.(sumber Berita8/Rg.Ishak)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya