HTTP Status[404] Errno [0]

Kerajinan Punya Peran Penting Bagi Dunia Pariwisata

21 September 2018 22:54
Kerajinan Punya Peran Penting Bagi Dunia Pariwisata
Pengrajin perak
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Industri kerajinan menjadi salah satu primadona dalam ekonomi kreatif Indonesia. Pada tahun 2012, sektor kerajinan berkontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 84 triliun Rupiah atau 14,7% dari total kontribusi Industri Kreatif. Â Selain memiliki kontribusi ekonomis, kerajinan juga memiliki andil dalam pariwisata Indonesia.

“Kerajinan juga memiliki peran yang penting dalam kegiatan pariwisata. Jika kita berwisata, membeli cindera mata khas lokal merupakan aktivitas wisata yang tidak pernah dilupakan. Cindera mata khas lokal pada umumnya merupakan produk kerajinan yang dihasilkan oleh UKM setempat. Sehingga produk kerajinan yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas kepariwisataan di Indonesia dengan meningkatkan nilai belanja wisatawan di wilayah destinasi.” Ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu

Sebagai bentuk dukungan pengembangan potensi kerajinan di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung terselenggaranya Inacraft 2013 yang merupakan pameran kerajinan terbesar di Indonesia. Inacraft yang telah diselenggarakan hingga 15 kali ini didukung oleh beberapa kementerian serta BUMN yang terkait dengan usaha kecil menengah (UKM).

Melalui nuansa Jawa Timur yang kental dengan tag line “Remarkable East Java”, pameran yang diselenggarakan pada 24-28 April ini mengangkat tema besar “From Smart Village to Global Market” dengan harapan pameran ini dapat menjadi fasilitator bagi produk kerajinan Indonesia untuk bersaing dalam dunia usaha Internasional.

EventInternational Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2013 diikuti oleh 1.600 peserta yang menempati 1.218 stand bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Para peserta pameran berasal dari 33 provinsi di Indonesia yang terdiri dari perorangan, dinas dan BUMN. Terdapat pula tiga negara yang berpartisipasi dalam pameran ini yaitu Thailand, Malaysia dan Republik Iran.

Selain pameran, diadakan pula pertemuan bisnis antara para pengerajin dengan buyer sehingga diharapkan terjadi kontrak bisnis. Pada 2013, Inacraft menargetkan transaksi dagang hingga Rp. 203 miliar yang terdiri dari Rp. 88 miliar kontrak bisnis dan 115 milyar penjualan langsung dari stand yang ada.

Inacraft 2013 dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, Boediono yang didampingi oleh sejumlah menteri , wakil menteri serta para pejabat lainnya termasuk Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Setelah membuka Inacraft 2013 wakil presiden menyempatkan diri berkeliling meninjau stand yang ada. (Puskompublik)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya