HTTP Status[404] Errno [0]

PRT Umur 13 Tahun Diperkosa, KPAI Bicara

11 May 2013 07:09
PRT Umur 13 Tahun Diperkosa, KPAI Bicara
Illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Seorang pembantu rumah tangga (PRT) umur 13 tahun diperkosa perampok di Bekasi. Kasus itu disoroti Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Para pelaku perampokan harus diusut, tapi juga menjadi pertanyaan mengapa anak di bawah umur sudah diizinkan bekerja menjadi PRT.
“Kota Bekasi kecolongan karena ada majikan yang mempekerjakan anak umur 13 tahun menjadi pembantu RT,” kata Komisioner KPAI M Ihsan dalam keterangannya, Jumat (10/5/2013).

Kasus perampokan ini terjadi pada Selasa (7/5/13) lalu. Saat itu pelaku mengaku sebagai tukang genteng, yang akan memperbaiki atap. Sang pembantu yang masih bocah dan lugu, manut saja pada tukang itu. Di rumah itu hanya ada dia seorang diri.

Di lantai dua rumah itu, pembantu itu dibenturkan kepalanya ke dinding hingga pingsan. Saat sadar, dirinya sudah dalam kondisi tangan dan kaki teringat tanpa pakaian di badan. Polisi sudah melakukan visum pada korban ke rumah sakit.

“Pekerjaan terburuk bagi anak salah satunya adalah pembantu rumah tangga. Anak harus bekerja 24 jam melayani seluruh anggota keluarga dan bertanggung jawab penuh untuk keamanan, kebersihan dan sebagainya. Bagaimana mungkin anak umur 13 tahun harus dibebankan dengan seabrek pekerjaan rumah tangga,” jelas Ihsan.

Apalagi, Bekasi tengah didaulat menjadi kota yang ramah anak. “Pekerja rumah tangga di bawah umur ini menjadi “PR” serius Pemda Kota Bekasi jika ingin menjadi kota layak anak,” imbuhnya seperti dilansir detiknews

“Pemkot bekasi harus segera memberikan layanan pemulihan pada korban, mengeluarkan korban dari pekerjaan sebagai pembantu RT, serta kepolisian harus segera mengungkap pelaku dan memproses majikan secara hukum sesuai dengan ketentuan pekerjaan terburuk bagi anak,” tambahnya (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya