HTTP Status[404] Errno [0]

Agus AS, Tersangka Baru Kasus CCC

18 May 2013 22:09
Agus AS, Tersangka Baru Kasus CCC
Agus AS
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Kejaksaan Tinggi Sulsel akhirnya menetapkan mantan Camat Mariso, Agus As sebagai tersangka baru dalam perkara dugaan korupsi pembebasan lahan gedung celebes convention center (CCC).

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh kepala kejaksaan tinggi (Kajati) Muhammad Kohar usai melaksanakan shalat Jumat di masjid kantor Kejati, Jl Urip Sumoharjo, Jumat (17/5/) kemarin.

Menurut Kohar, penetapan ini berdasarkan bukti-bukti kuat baik berupa dokumen maupun keterangan saksi-saksi yang diperiksa sebelumnya. “Kesimpulan untuk sementara, baru satu yang ditetapkan, tapi tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” ujarnya.

Apa indikasi kesalahan pria yang kini menjabat Kadispora Makassar dalam perkara Rp3,4 miliar ini?

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati, Chaerul Amir menjelaskan ada dua peran besar Agus.

Pertama, sebagai camat waktu itu dia dianggap mengetahui jika lahan seluas 6 hektare itu tanah milik negara bukan milik terpidana Hamid Rahim Sese. Namun Agus yang juga menjadi salah satu anggota Tim Sembilan pengadaan lahan tetap melakukan pembayaran.

Kedua, Agus juga menginisiasi pembayaran senilai Rp750 juta kepada ratusan petani penggarap. Hanya saja ia tak mampu mempertanggungjawabkan pembayaran tersebut. Dia juga tidak tahu siapa-siapa penggarap ini.

“Dia (Agus) tahu bahwa awalnya di lahan ini hanya dua yang mengaku sebagai penggarap, yakni Hamid Rahim Sese sama seorang berinisial HM. Akan tetapi belakangan tersangka ini melakukan pembayaran lagi kepada ratusan penggarap yang tidak jelas senilai Rp750 juta,” ungkap Chaerul seperti dirilis tribun-timur.com

Mantan Kajari Tangerang ini menambahkan untuk sementara pihaknya masih fokus pada pelanggaran dana dari APBD senilai Rp3,4 miliar tersebut. Sementara terkait pelanggaran administrasi seperti adanya surat-surat perintah dari Pemprov Sulsel kepada Tim Sembilan, pihak kejaksaan masih akan melakukan pendalaman.

Pascapenetapan ini, kejaksaan mengaku akan segera memeriksa Agus setidaknya satu pekan depan. “Jika nantinya dalam ketengannya dia mau membuka fakta-fakta baru, maka besar kemungkinan adanya penambahan tersangka,” terangnya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya