HTTP Status[404] Errno [0]

Masyarakat Eropa Kagumi Appasili

26 May 2013 00:29
Masyarakat Eropa Kagumi Appasili
Mukhtar Tahir
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Laporan Mukhtar Tahir Dari Belanda (2)

Mukhtar Tahir

Mukhtar Tahir

BugisPos — Suatu kebahagiaan bagi delegasi Makassar usai tampil dalam mementaskan budaya Appasili pada hari pertama pelaksanaan festival seni dan budaya Indonesia,Tong Tong Fair di Belanda,sabtu ( 25/5/13).
Betapa tidak, selama proses pementasan berlangsung, ribuan mata nampak terhipnotis menyaksikan adegan per adegan yang ditampilkan sejumlah seniman asal Makassar. Bahkan, pengunjung festival yang awalnya tersebar merata di setiap stan yang ada, seketika beranjak dan bergegas ke bibir panggung saat alunan khas gendang serta bunyi – bunyian lainnya diperdengarkan sebagai tanda di mulainya pementasan Appasili.

Dengan antusias, para pengunjung yang mayoritas berasal negara – negara eropa yang berdekatan dengan Belanda menikmati performence para delegasi dalam menyuguhkan budaya appasili. Mereka tidak henti hentinya memberikan tepuk tangannya dan sambil berteriak good beatiful . Dalam pertunjukan Appasili tersebut ada yang memerankan sebagai sanro ( dukun ). Keberadaan sanro ini dijelaskan sebagai orang pintar yang memiliki kemampuan mengusir bala yang akan menimpa, termasuk saat berlangsung prosesi memasuki rumah baru.

Dari pertunjukan tersebut ada saja dari penonton tiba muncul untuk meminta berkah dan didoakan oleh delegasi yang bertindak sebagai sanro. Kesuksesan pertunjukan ini juga terlihat saat gelar budaya appasili selesai. Banyak penonton yang berkerumun minta untuk foto bersama karena mereka juga merasa dia adalah bagian dari Makassar dari sejarah generasi mereka yang panjang (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya