HTTP Status[404] Errno [0]

Delegasi Makassar Berkunjung ke Universitas Laden

29 May 2013 00:57
Delegasi Makassar Berkunjung ke Universitas Laden
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Laporan Mukhtar Tahir dari Belanda (3) ;
UntitledBugisPos — Hari ini, delegasi Makassar yang beberapa hari terakhir disibukkan dengan berbagai aktivitas promosi pada ajang pelaksanaan festival seni dan budaya Indonesia,Tong Tong Fair di Belanda menyempatkan untuk ke salah satu perguruan tinggi yang terkenal di Eropa, yakni Universitas Laden.

Jika kita sejak awal kita merasakan adanya ikatan emosional dengan warga belanda, yang notabene negara yang pernah menjajah negara kita sekian tahun lamanyanya, maka di Universitas Laden, getaran emosional itu semakin terasa, bahkan ikatan pertalian ini terwujud secara kasak mata disejumlah ruang – ruang strategis di are kampus ini. Sebutlah misalnya disamping gedung Universitas dimana terdapat aksara lontara bugis kuno yang bertuliskan ” Polena palele winru ,tenre kutuju mata,padanna sulisa. ” Dimana jika diartikan secara harfiah yaitu “ Saya sudah melakukan yang terbaik,kepada orang banyak “.
Dari semua perguruan tinggi di Belanda, University Laden merupakan satu satunya perguruan tinggi yang telah memberikan perhatian khusus dengan mengabadikan budaya lontara yang notabene adalah warisan asli dari leluhur kita di tanah bugis Makassar.

Dari sejumlah akademisi yang kami temui dikampus tersebut, terungkap bahwa folisofi bugis yang tertuang dalam lontara telah memberikan banyak inspirasi dan pemahaman bagi masyarakat Belanda utamanya dalam hal mengembangkan ilmu dan pengetahuan serta makna - makna hidup yang tercermin dalam lontara dan kemudian menjadi satu satunya literatur yang sangat berarti bagi masyarakat Belanda dalam mengatur tatanan hidup warga yang ada di Amsterdam (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya