HTTP Status[404] Errno [0]

Rakerwil Kopertis IX 2013 Bahas Perluasan Akses Pendidikan Tinggi

31 May 2013 00:36
Rakerwil Kopertis IX 2013 Bahas Perluasan Akses Pendidikan Tinggi
Ibrahim Saman
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos –– Kopertis Wilayah IX Sulawesi akan mengelar Rakerwil 2013 di Hotel Clariaon Makassar, 3-4 Juni 2013. Rakerwil akan diikuti 352 pimpinan PTS dari seluruh Pulau Sulawesi. Agenda utama akan dibahas adalah perluasan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat. Demikian ditegaskan Sekpel Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Dr.H.Ibrahim Saman, MM di ruang kerjanya, Kamis, 30 Mei 2013.

Tema diusung dalam Rakerwil,  “Penguatan Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Rangka Perluasan Akses Pendidikan.”  Peserta juga  juga akan membahas UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 160/E/AK/2013 Perihal Ijin Penyelenggaraan dan Akreditasi Program Studi.

Rakerwil juga akan membahas Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran di Luar Domisili, sebagaimana tertuang dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan pendidikan jarak jauh pada perguruan tinggi, serta Permendiknas Nomor 20 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan program studi di luar domisili perguruan tinggi, tandas doktor administrasi publik PPs Universitas Negeri Makassar ini.

Kedua peraturan menteri tersebut merupakan peluang sekaligus tantangan bagi PTS dan PTN, karena mereka boleh membuka Pembelajaran Jarak Jauh atau Pembelajaran Di Luar Domisili asalkan mampu memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

“Dibolehkannya perguruan tinggi menyelenggarakan program studi di luar domisili dan atau menyelenggarakan pendidikan jarak jauh tersebut terutama untuk memperluas akses pendidikan dan pemerataan akses terhadap pendidikan yang bermutu dan relevan sesuai kebutuhan

Nara sumber selama Rakerwil yaknil Direktur Direktorat Pembejalaran dan Kemahasiswaan Dr Illah Sailah, Direktur Direktorat P2M Prof Agus Subekti, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Prof Supriadi Rustad, dan Ketua BAN-PT Prof Mansyur Ramly.
“Karena pembahasannya menyangkut teknis kebijakan dan banyak hal penting lainnya, maka pimpinan PTS diharapkan hadir langsung sebagai peserta dan tidak mewakilkannya,” tandas magister manajemen PPs UMI Makassar ini (yahya)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya