HTTP Status[404] Errno [0]

Jangan Jadikan PPs-UNM Tempat Mencuci Ijazah

07 June 2013 00:42
Jangan Jadikan PPs-UNM Tempat Mencuci Ijazah
Darman Manda
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Proses seleksi penerimaan maba S2 IPS dilakukan secara ketat dan beberapa calon mahasiswa baru tahun akademik 2013 terpaksa ditolak karena tidak memenuhi standar akademik yang ditetapkan oleh panitia.

Alumni S1 yang diterima harus berasal dari prodi dengan kampus mendapat izin operasional Dirjen Pedidikan Tinggi Kemendikbud serta prodi bersangkutan juga mendapat pengakuan akreditasi dari BAN-PT.

‘’Kampus PPs-UNM jangan dijadikan tempat mencuci ijazah. Ijazah yang diperoleh pada jenjang S1 dengan proses pembelajaran dan syarat administrasi kurang jelas, kemudian masuk S2 UNM dengan harapan untuk mendapat status kejelasan kampus pada studi S2 ‘’.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S2 IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs-UNM), Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum di Makassar, Kamis 6 Juni 2013.

Tahun akademik 2013 ,maba yang diterima mencapai 125 orang menyebar pada 7 prodi yang ditawarkan. Prodi tersebut adalah pendidikan sosiologi, pendidikan antropologi, pendidikan sejarah, pendidikan hukum/PKN, pendidikan administrasi umum, pendidikan -ekonomi, IPS PG-SD-an .

Prodi paling banyak peminat adalah sebagai berikut; Â pendidikan sosiologi, pendidan ekonomi, hukum dan PKN kemudian menyusul prodi lainnya. Â Memberi nilai tambah prodi dalam waktu tidak terlalu lama tandas Guru Besar Antropologi UNM ini, akan menerbitkan jurnal ilmiah IPS. Jurnal itu akan mempublikasikan karya mahasiswa dan dosen.

Saat ini ungkap doktor antropologi PPs-UNHAS, mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran mencapai sekitar 300 orang. Â Para mahasiswa itu mayoritas berasal dari para guru dan calon guru dari jenjang SD-SLTA yang menambah pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran. Â Mereka itu berasal dari wilayah Kawasan Timur Indonesia.

Darman Manda lahir di Polewali 3 Januari 1965. Tamat SD dan SMP di Barru. Tamat SMA 5 Makassar 1984. Sarjana sejarah FPIPS IKIP Ujung Pandang 1989.  S2 Antropologi PPs  Universitas Padjadjaran Bandung1996. Short Course, La Trobe University, Bendigo Victoria Australia, tahun 1997.  S3 Antropologi PPs Universitas Hasanuddin 2007 (yahya)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya