HTTP Status[404] Errno [0]

Zulkifli yang Paling Lengkap Berkas

13 June 2013 02:19
Zulkifli yang Paling Lengkap Berkas
Zulkifli Gani Ottoh
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Mayoritas berkas pasangan bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota Makassar belum lengkap. Satu-satunya yang sudah beres berkas pencalonannya adalah Zulkifli Gani Ottoh. Mantan Ketua KPU Makassar itu sudah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan penyelenggara. Zulkifli adalah bakal calon wakil walikota pendamping Apiaty Kamaluddin Amin Syam.

Hasil verifikasi berkas bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota tersebut telah diplenokan KPU Makassar. Bahkan, telah disampaikan kepada masing-masing kandidat, Selasa, 11 Juni.

Kelengkapan berkas Zulkifli tidak diikuti pasangannya Apiaty Amin Syam dan sembilan pasangan bakal calon lainnya. Masih ada satu berkas Apiaty yang belum disetor ke KPU Makassar. Dari sepuluh pasangan bakal calon, pasangan Tamsil Linrung-Das’ad Latif paling banyak kekurangan berkasnya. Setidaknya ada 13 item kekurangan berkas pasangan yang diusung PKS-Hanura ini.

Pasangan Erwin Kallo-Hasbi Ali berada di posisi kedua. Kekurangannya mencapai 10 item. Sementara pasangan bakal calon lainnya berkisar antara 1-3 item yang belum terpenuhi. Semua pasangan bakal calon diberi kesempatan untuk melengkapi kekurangan berkasnya dalam dua pekan ke depan terhitung sejak Rabu, 12 Juni.

Ketua KPU Makassar, Nurmal Idrus menjelaskan kekurangan berkas kandidat walikota dan wakil walikota ini antara lain laporan pajak, surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak, NPWP, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), visi misi, daftar tim kampanye, rekening bank, surat keterangan dari pengadilan, foto, ijazah yang tidak dilegalisasi, dan beberapa item kekurangan lainnya.

“Pada prinsipnya kekurangan berkas calon ini sudah tidak terlalu berat untuk dilengkapi. Namun, kami ingatkan kepada calon agar kekurangan ini juga diperhatikan karena itu bisa membuat pasangan calon dianggap tidak bersyarat,” urai Nurmal 11/6/13 di Makassar seperti dirilis Fajar Online

Selain penyampaian hasil verifikasi berkas calon, KPU juga sudah menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel akhir pekan lalu. Khusus untuk pemeriksaan kesehatan, Nurmal menyebut 10 pasangan calon ini telah memenuhi syarat.

“Kesimpulan tim pemeriksa kesehatan IDI Sulsel menyebut 10 pasangan calon ini dianggap mampu menjalankan tugas sebagai wali kota dan wakil wali kota. Jadi untuk kesehatan sudah tidak ada masalah lagi,” kata Nurmal.

Begitu juga dengan dukungan partai politik yang secara umum sudah tidak ada masalah lagi, karena dari 10 calon ini tidak ditemukan adanya dukungan ganda.

“Tapi masih ada salah satu partai pengusung Apiaty-Zulkifli yang akan kita verifikasi lanjutan karena kepengurusannya berbeda yang telah kita peroleh di DPP dan Sekjennya. Namun satu parpol ini sudah tidak mempengaruhi dukungan pasangan ini,” tambah Nurmal.

Pleno penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan, verifikasi berkas calon, dan berkas dukungan parpol ini dihadiri dua kandidat wakil walikota Makassar yakni Hasbi Ali dan Kadir Halid. Selebihnya hanya mewakilkan pada liaison officer (LO) atau penghubung pasangan calon. Sesuai tahapan, penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 22 Juli mendatang.

Terhadap dukungan tambahan KTP pasangan Erwin Kallo-Hasbi Ali, Nurmal menyebut KPU saat ini masih menunggu hasil verifikasi yang dilakukan petugas PPS di lapangan. Untuk calon perseorangan sendiri, KPU memberlakukan pengecualian dengan memberi kesempatan calon perseorangan memperbaiki seluruh berkas termasuk dukungan KTP sampai 21 hari ke depan. (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya