HTTP Status[404] Errno [0]

Dibutuhkan Peran LSM Membantu Mantan Pecandu Narkoba

19 July 2013 02:14
Dibutuhkan Peran LSM Membantu Mantan Pecandu Narkoba
Illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Direktorat Pasca Rehailitasi Deputi Bidang Rehabiliatasi, berusaha membangkitkan rasa percaya diri mantan pecandu narkoba agar mampu bersaing dalam kehidupan bermasyarakat dan mampu menjaga kepulihannya, “Dengan begitu mereka tidak lagi bergantung kepada orang tua atau kerabatnya,” kata Direktur Pasca Rehabilitasi Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, Drs. Suyono, di hadapan peserta Focus Group Discussion (FGD) di Yayasan Rasa, Bogor, Kamis 18/7/13

Selanjutnya dalam FGD yang mengambil tema Kepedulian LSM Membangun Program Pasca Rehabiliatasi agar Penyalahguna Narkoba Mampu Hidup Mandiri dan Produktif, Suyono mengharapkan peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti Yayasan Rasa, untuk berperan aktif membantu mantan pecandu narkoba yang sudah pulih agar tidak kembali terjerumus ke dalam lembah narkoba, dengan membangun program-program pasca rehabilitasi di tempatnya masing-masing,”Mantan pecandu narkoba bukan untuk dikucilkan. Mereka justru memerlukan bantuan dan dukungan untuk bisa bangkit dan diterima di masyarakat. Untuk itu kegiatan yang kami adakan ini bertujuan untuk membangkitkan rasa percaya diri mantan pecandu narkoba agar mereka mampu menjaga dirinya dan tidak kembali terjerumus ke lingkaran narkoba,’’ ujar Suyono.

Dalam upaya membantu dan mendukung para mantan pecandu atau penyalahguna narkoba untuk bangkit dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, Badan Narkotika Nasional (BNN) telah melakukan serangkaian terobosan dan program penting, “Direktorat Pasca Rehabilitasi Deputi Bidang Rehabilitasi telah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang dapat memberikan pelatihan keterampilan kerja bagi para mantan pecandu narkoba,” jelas Suyono.

Dalam kesempatan tersebut Suyono menghimbau kepada para peserta yang terdiri dari siswa SMU itu untuk menjaga diri dan tidak terjerumus ke dalam dunia narkoba, “Menyalahgunakan narkoba tidak ada untungnya, justru akan merugikan bukan hanya dirinya, tapi juga keluarga, bangsa dan negara,” tandas Suyono.

Suyono juga berpesan kepada masyarakat jika ada tetangga, teman, saudara atau siapapun yang dicurigai terlibat dalam penyalahgunaan atau peredaran narkoba untuk tidak segan – segan melaporkan ke BNN agar segera ditindaklanjuti, “Apabila ada seorang pengguna di lingkungan masyarakat segera laporkan ke Instansi Penerima Wajib Lapor (IPWL). Bagi pengguna narkoba yang mau melaporkan diri akan direhabilitasi secara gratis dan tidak dituntut pidana,” kata Suyono.

Sedangkan bila mencurigai adanya pengedar atau bandar, masyarakat juga bisa melaporkan langsung ke BNN, dan akan ditindaklanjuti oleh Deputi Pemberantasan serta akan ditindak sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Indonesia (rls)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya