HTTP Status[404] Errno [0]

Dispendukacapil Catat Data Penduduk Pasca Lebaran Tahun Penduduk Meningkat

15 August 2013 04:38
Dispendukacapil Catat Data Penduduk Pasca Lebaran Tahun Penduduk Meningkat
ektpsolo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos –Â Rekam data elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Dispendukcapil Kota Surakarta pasca libur lebaran meningkat drastis.

Warga yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan itu karena sebelumnya merantau, sehingga pada momentum mudik Lebaran dan pulang kampung imereka gunakan untuk melakukan rekam data e-KTP.

Kepala Dispendukcapil Kota Solo, Pujo Hariyanto kepada wartawan mengatakan, dari data yang dikumpulkan Dispendukcapil Solo, 95 ribu penduduk Solo yang sudah melakukan rekam data e-KTP. Sedangkan hingga Juli kemarin tercatat sekitar 45 ribu orang telah melakukan, sehingga masih kurang 45 ribu orang. “Saat ini warga yang sudah melakukan  rekam data e-KTP mencapai 365.736 orang,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya optimis hingga akhir Desember 2013, rekam data e-KTP Kota Solo selesai. Pasalnya KTP reguler yang saat ini masih digunakan warga, meski masa aktifnya hingga satu sampai dua tahun ke depan, dipastikan Desember 2013 mendatang sudah tidak diberlakukan. “Akhir Desember nanti semua Kantor Dispendukcapil kota/ kabupaten maupun kelurahan, kecamatan sudah tidak mengeluarkan kembali KTP reguler. Sehingga semua akan dilayani dengan kartu e-KTP”, jelasnya.

Pujo Hariyanto menghimbau kepada seluruh warga Kota Solo yang sudah berumur 17 tahun ke atas yang belum melakukan rekam data, untuk segera melakukan rekam data e-KTP. Bagi warga yang sudah melakukan rekam data e-KTP namun, hingga saat ini belum mendapatkan, akan diberikan secara bertahap. Sementara itu hingga pertengahan tahun ini Dispendukcapil surakarta telah mendistribusikan e-KTP sebanyak 352.692 kartu.

“Hampir 50 persen warga solo sudah melakukan rekam data. Bagi yang belum atau dan baru menginjak usia 17 tahun kami harap segera merekam,” tandasnya.(ktuip rri.co.id//rga)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya