HTTP Status[404] Errno [0]

Penyandang Cacat Keluhkna Sulitanya Alat Bantu Pilkada Makassar

16 September 2013 01:29
Penyandang Cacat Keluhkna Sulitanya Alat Bantu Pilkada Makassar
SimulasiTPDdisabilitas
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Forum Advokasi Hak Aasasi Penyandang Disabilitas menggelar sosialisasi dan simulasi pemilihan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Makassar di Panti Sosial Daksa Wijaya Makassar Sabtu (14/9/2013).

Dari pantauan di tempat simulasi penyandang cacat tersebut, para penyandang cacat tunanetra mengalami kesulitan untuk mengenali Templet logistik yang disediakan KPU Kota Makassar karena tulisan Kop Templet tidak timbul sehingga harus membutuhkan bantuan orang lain agar alat templet tidak terbalik.

Sekertaris Forum Advokasi Hak Asasi Disabuilitas Kandacong mengatakan logistik alat Templet dari KPU Kota Makassar yang akan dugunakan wajib pilih Disabilitas pada pemilu walikota 18 September 2103 tidak memenuhi standar bagi tunanetra.

Menurut Kandacong, Templet yang dicetak KPU Kota Makassar untuk alat bantu Disabilitas tidak timbul tulisannya pada Kop Templet, angka latinnya tidak kontras dan angka Brailnya kurang timbul serta terdapat dua nomor sama yakni nomor 1 dan nomor 5 sama bentuknya dan nomor 10 bentuknya salah sehingga para penyandang tunanetra akan salah pilih dari pasangan calon walikota dan calon wakil walikota yang hendak dipilih.

Sedangkan bagi Disabilitas penyandang cacat fisik, harus dapat mengankses TPS agar tidak mengalami kesulitan untuk memberikan hak suaranya ke TPS ujar Kandacong.(rga)

Sementara Ketua Forum Adviokasi Hak Asasi Disabilitas Sony Sandra mengatakan, Disabilitas di Kota Makassar memiliki potensi untuk membelikan hak suaranya pada Pilkada Kota Makassar 18 September 2013, karena wajib pilih Disabilita mencapai 36.000 dari 1,2 juta wajib pilih di Kota Makassar, namun akses bagi Disabilitas untuk memberikan hak suaranya dalam pesta demokrasi kurang diperhatikan sehingga Forum Advokasi Hak Asasi Disabilitas menilai hak politik bagi Disabilitas masih termarjinalkan.


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya