HTTP Status[404] Errno [0]

Dewan Minta Jelang Hari Raya Idul Adha Waspadai Sapi Antraks

21 September 2013 01:38
Dewan Minta Jelang Hari Raya Idul Adha Waspadai Sapi Antraks
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

SAPI1BugisPos — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar meminta Pemkot melalui dinas terkait mengantisipasi penyakit antraks pada hewan kurban menjelang Idul Adha.

Itu terkait dengan wilayah Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Takalar, dan Bone serta kabupaten lainnya yang masuk kategori endemis karena lalu lintas hewan menjelang hari raya besar keagamaan.

Anggota Komisi B DPRD Makassar, Nurmiati mengatakan, Pemkot Makassar harus mewaspadai hewan yang ada di daerah yang pernah terkena antraks.

“Paling tidak menyiapkan tim pengawasan dan vaksin dengan melihat populasi sapi yang ada di Sulsel yang pastinya akan masuk di wilayah Kota Makassar,”kata politisi Partai Hanura ini di kantor DPRD Makassar, Jumat (20/9/13).

Pengawasan hewan ternak lanjut Nurmi, sudah menjadi program wajib yang selalu dilakukan jelang Idhul Adha. Sebab tim pengawas hewan kurban akan melakukan pemeriksaan hewan baik yang ada di pedagang dadakan maupun diperternakan.

“Pengawasan paling tidak dilakukan sebelum dan sesudah hewan kurban disembelih,”pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Peternakan Sulsel telah menyiapkan 100 ribu vaksin yang alokasi dana pengadaannya bersumber dari pembiayaan APBD Provinsi dan APBN, terang Nurmi

Sekretaris Dinas Peternakan Sulsel, M Kafil mengatakan, vaksin-vaksin tersebut hanya disuntikkan pada ternak yang ada di daerah endemis antraks seperti Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Takalar, dan Bone serta kabupaten yang terancam karena lalu lintas hewan.(rga)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya