HTTP Status[404] Errno [0]

Polda Sul-Selbar di Harap Tegas Dalam Kasus Korupsi Eks Anggota Legislator Kab.Bone

23 September 2013 01:26
Polda Sul-Selbar di Harap Tegas Dalam Kasus Korupsi Eks Anggota Legislator Kab.Bone
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

IlustrasiRingkusKorupsiBugisPos — Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan meminta penyidik Polda Sulsel mengambil langkah tegas terkait penanganan perkara korupsi proyek rehabilitasi irigasi di Kabupaten Bone yang menyeret mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Irsan Idris Galigo sebagai tersangka. Berkas perkara Irsan Galigo berulangkali dikembalikan jaksa peneliti berkas Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan disertai petunjuk untuk dilengkapi.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel Nur Alim Rachim mengatakan, langkah tegas penyidik Polda Sulsel terkait penanganan perkara, diperlukan untuk memberi kepastian hukum.

Irsan Galigo ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga menerima uang dari Said Assegaf selaku pelaksana pekerjaan rehabilitasi.

Putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Makassar, menyatakan proyek rehabilitasi irigasi di Kabupaten Bone tahun 2007, terdapat kerugian negara sebesar Rp 1,5 Milyar akibat kekurangan volume pekerjaan. Tidak selesainya pekerjaan menurut Terdakwa Said Assegaf, karena sebagian dana pekerjaan diserahkan kepada Irsan Galigo.

Penyerahan uang tersebut, menurut Dia lebih dari 12 kali dan disaksikan 4 orang masing-masing Pasman, Rahman Asikin, Isna dengan nilai lebih dari Rp 2,8 Milyar.

“Lebih dari 12 kali, yang jelas untuk pekerjaan dua paket 2 Milyar 800 juta uang dan yang berhubungan dengan termin Dia selalu berhubungan dengan Rahman asikin untuk pencairan” Beber Said Assegaf Minggu (22/9/2013).

Said Assegaf dijatuhi pidana penjara 4 tahun.Proyek pembangunan sarana irigasi pada 10 kecamatan di Kabupaten Bone tersebut anggarannya bersumber dari dana bantuan Islamic Develoment Bank senilai Rp 5 miliar dan pekerjaan tidak selesai 100 persen, padahal dana telah dicairkan semua.

Aktivis anti korupsi Djusman AR mengatakan, sikap profesional kepolisian dan kejaksaan akan dilihat dalam penuntasan kasus korupsi yang melibatkan Irsan Galigo, putra mantan Bupati Bone Idris Galigo sebagai tersangka.(rri.co.id/rga)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya