HTTP Status[404] Errno [0]

Dirjen Bea Cukai Musnahkan Miras dan Rokok Ilegal

25 September 2013 11:16
Dirjen Bea Cukai Musnahkan Miras dan Rokok Ilegal
BugisPos -- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai DJBC Wilayah Sulawesi memusnahkan rokok dan minuman beralkohol ilegal di Kantor DJBC Wilayah di Makassar, Selasa (24/9/2013). Pemusnahan barang bukti Bea dan Cukai berupa rokok sebanyak 526.400 batang dan minuman beralkohol sebanyak 2.160 botol sebagai hasil sitaan DJBC Wilayah Sulawesi tahun 2012. Pemusnahan batang rokok dilakukan dengan cara dibakar secara simbolik, sedangkan pemusnahan minuman beralkohol dengan cara ditumpahkan simbolik pula dan sisanya dibakar dan ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir Sampah, barang ilegal hasil sitaan DJBC tersebut dimusnahkan setelah ada izin dari Dirjen Kekayaan Negara. Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan DJBC Wilayah Sulawesi Guntur Chahyo Purnomo menjelaskan, hasil tembakau yang merupakan ribuan batang rokok disita pada penjul (penjual di daerah, Red) daerah se-Sulawesi dalam kegiatan operasi DJBC, karena tidak dilekati pita cukai, dan ada pula yang dilekati pita cukai bukan peruntukannya. Sedangkan ribuan botol beralkohol yang tidak dilekati pita Cukai, disita saat sementara dalam pengiriman pemiliknya ke daerah Sulawesi Barat. "Kedua jenis barang ilegal tersebut tidak ada pemiliknya karena dilakukan dengan cara dititip di setiap penjual, sehingga pemiliknya tidak ditemukan atau tidak tertangkap," ujar Guntur. Menurut Kepala Bidang PP DJBC Wilayah Sulawesi Guntur Chahyo Purnomo, barang bukti hasil tembakau sebanyak 526.400 batang rokok ilegal mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp 344.880.000, sedangkan 2.160 botol minuman beralkohol ilegal mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp. 193.768.000 sehingga tital kerugian negara akibat dari barang – barang illegal tersebut sebesar Rp 193.768.000. (rri.co.id/rga)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Direktorat Jenderal Bea dan Cukai DJBC Wilayah Sulawesi memusnahkan rokok dan minuman beralkohol ilegal di Kantor DJBC Wilayah di Makassar, Selasa (24/9/2013). Pemusnahan barang bukti Bea dan Cukai berupa rokok sebanyak 526.400 batang dan minuman beralkohol sebanyak 2.160 botol sebagai hasil sitaan DJBC Wilayah Sulawesi tahun 2012.

Pemusnahan batang rokok dilakukan dengan cara dibakar secara simbolik, sedangkan pemusnahan minuman beralkohol dengan cara ditumpahkan simbolik pula dan sisanya dibakar dan ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir Sampah, barang ilegal hasil sitaan DJBC tersebut dimusnahkan setelah ada izin dari Dirjen Kekayaan Negara.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan DJBC Wilayah Sulawesi Guntur Chahyo Purnomo menjelaskan, hasil tembakau yang merupakan ribuan batang rokok disita pada penjul (penjual di daerah, Red) daerah se-Sulawesi dalam kegiatan operasi DJBC, karena tidak dilekati pita cukai, dan ada pula yang dilekati pita cukai bukan peruntukannya.

Sedangkan ribuan botol beralkohol yang tidak dilekati pita Cukai, disita saat sementara dalam pengiriman pemiliknya ke daerah Sulawesi Barat.

“Kedua jenis barang ilegal tersebut tidak ada pemiliknya karena dilakukan dengan cara dititip di setiap penjual, sehingga pemiliknya tidak ditemukan atau tidak tertangkap,” ujar Guntur.

Menurut Kepala Bidang PP DJBC Wilayah Sulawesi Guntur Chahyo Purnomo, barang bukti hasil tembakau sebanyak 526.400 batang rokok ilegal mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp 344.880.000, sedangkan 2.160 botol minuman beralkohol ilegal mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp. 193.768.000 sehingga tital kerugian negara akibat dari barang – barang illegal tersebut sebesar Rp 193.768.000. (rri.co.id/rga)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya