HTTP Status[404] Errno [0]

Laporan dari Mekkah (2) ; Kecanggihan Masjid Madinah

30 September 2013 04:20
Laporan dari Mekkah (2) ; Kecanggihan Masjid Madinah
Rombongan Jamaah Haji yang diketuai Mukhtar Tahir
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Oleh : Drs. Mukhtar Tahir, M.Pd

Rombongan Jamaah Haji yang diketuai Mukhtar Tahir

Rombongan Jamaah Haji yang diketuai Mukhtar Tahir

BugisPos — Penginapan kami tidak terlalu jauh dari masjid Nabawi. Bersama rombongan jamaah haji asal Kota Makassar yang tergabung di kloter 14, kami ” hanyut ” dalam lezatnya  ibadah Arbain
di  salah satu mesjid terpenting yang terdapat di Kota Madinah ini. Selain  dibangun oleh Nabi Muhammad saw, masjid Nabawi  menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya.

Masjid ini  sangatlah  indah. Sejuk karena dilengkapi aircon. Kemudian teknologinya juga canggih, karena di pelataran masjidnya, ada kanopi yang bisa  mekar ketika matahari sudah mulai terik. Dan kubah masjidnya juga bisa bergeser untuk mendapatkan sinar matahari langsung dari luar, jadi hemat energy.

Di dalam masjid nabawi ini, yang spesial adalah melaksanakan sholat sunnah dan berdoa di raudhoh. Raudhoh ini adalah space antara rumah rasulullah dengan mimbarnya masjid nabawi pada saat itu. Nah, karpetnya pun juga dibedakan sendiri, warnanya hijau, dibandingkan dengan yang lain berwarna merah. Di raudhoh ini, tidak pernah sepi. Selalu ramai setiap saat.

Hampir semua jamaah asal Makassar yang bersama kami sebagian besar baru pertama kali menunaikan ibadah haji. Diwajah – wajah mereka tergambar rasa takjub sekaligus rasa terpana saat berada tidak jauh dari makam Rasulullah. Banyak yang tidak mampu membendung air mata setiap mereka selesai bersujud dimasjid bersejarah ini.

Diselah ibadah Arbain yang kami jalankan,
kami juga sempat berkeliling kesejumlah tempat – tempat penting di kota Madinah. Kegiatan ini menjadi agenda yang  di programkan oleh pihak Departemen agama
sejak beberapa tahun lalu.

Di antara yang kami datangi yakni Masjid Quba, tempat percetakan alquran terbesar di dunia. Jabal Uhud makam Syaidina Hamzah, Qiblatain, Masjid Sab`ah Ziarah Raudhah sambil terus  memperbanyak ibadah wajib dan sunnah di Masjid Nabawi (rls)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya