HTTP Status[404] Errno [0]

HMI dan Pakaian Batik

01 October 2013 02:23
HMI dan Pakaian Batik
HM Cabang Malang
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menginstruksikan kepada 470 ribu kader HMI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menggunankan batik pada tanggal 2 Oktober 2013. Hal ini diumumkan pada konferensi pers Bidang pendidikan dan kebudayaan PB HMI, Jl.Diponegoro No.16 A, Menteng Jakarta pusat (30/09/2013).
Masih Lekat di ingatan kita saat batik diklaim oleh negara-negara tetangga, membuat geram seluruh lapisan masyarakat Indonesia, karena merasa terancam warisan budaya leluhur diambil oleh negara lain. Hal ini membangkitkan jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia. Amarah rakyat yang mempertahankan warisan budaya. Itulah salah satu contoh bahwa budaya menjadi penopang kokohnya NKRI sehingga mampu bertahan sampai saat ini.

‪UNESCO, badan PBB yang menangani masalah peninggalan budaya, pada tanggal 2 Oktober 2009 menetapkan batik sebagai milik Indonesia. Untuk mengenang hari bersejarah tersebut, kini setiap tanggal 2 Oktober ditetapan sebagai hari batik nasional.

‪HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) yang notabene “the young generation” di negara ini, konsisten melestarikan budaya Indonesia. Bidang pendidikan kebudayaan PB HMI mewajibkan kepada seluruh kader HMI untuk menggunakan batik pada peringatan hari batik 2 Oktober 2013.

“Mari kita menggunakan batik karena itu milik kita, bukan milik negara lain dan kami mewajibkan seluruh kader HMI untuk menggunakan batik di hari peringatannya, kami juga mencanangkan gerakan “Jumatberbatik” dalam setiap aktifitas” Ungkap Adi putra, ketua bidang pendidikan dan kebudayaan PB HMI.

Adi menambahkan “Kami memiliki 470 ribu kader HMI yang potensial, Saya kira gerakan ini sangat masif, kita juga bisa menggerakkan Media sosial seperti facebook dan twitter biar masyarakat tahu, Atau lebih jelasnya silahkan hastag #hmi_batik’sday Cc @dikbud_pbhmi, Dengan gerakan ini minimal mendorong kecintaan generasi muda pada warisan budaya bangsa khususnya batik”

“Kepada seluruh kader-kader HMI sekiranya menggunakan batik saat melakukan aktivitas formal organisasi, sehingga batik tetap terlihat menjadi identitas budaya bangsa yang di lestarikan generasi muda” Ungkap Muhammad Arief Rosyied, Ketua Umum PB HMI (rls)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya