HTTP Status[404] Errno [0]

Jangan ki Takut, Pasokan Daging Sapi Aman ji Hingga Lebaran

15 June 2016 22:26
Jangan ki Takut, Pasokan Daging Sapi Aman ji Hingga Lebaran
Danny Pomanto berdialog dengan pekerja RPH Tamangapa soal stok daging di subuh hari
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Danny Pomanto berdialog dengan pekerja RPH Tamangapa soal stok daging di subuh hari

Danny Pomanto berdialog dengan pekerja RPH Tamangapa soal stok daging di subuh hari

BugisPos — Â Atas apa yang dikhawatirkan di Makassar dalam menghadapi lebarah Idhul Fitri yakni bakal sulitnya daging hewan diperoleh sehingga dapat memicu lonjakan kenaikan harga daging Sapi misalnya, ternyata hanya berupakan hayalan semata.

Sebab hal ini ternyata telah dijawab oleh Walikota Makassar Danny Pomanto. Walikota menyatakan  menjamin keamanan stock daging sapi Kota Makassar selama bulan puasa hingga lebaran Idul Fitri tahun ini. Hal ini ia sampaikan saat Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Makassar sekitar pukul 03.00 Wita, Rabu 15/6/16. Bahkan Danny sampai makan sahur di lokasi RPH Tamangapa bersama warga setempat.

“Kita harus menjamin keamanan suplai sehingga harga bisa stabil. Kita menjaga bagaimana harga ini bisa tetap di bawah Rp 100 ribu per kilo,” ucapnya.

Danny mengatakan, kebutuhan daging cenderung meningkat saat mendekati lebaran. Sehingga, pasokannya harus terjamin. Peninjauan langsung ini merupakan upaya untuk melihat kesiapan RPH dan memantau proses ketersediaan stock mulai dari ketika masih berwujud ternak, kemudian jadi daging, hingga tersuplai ke pasar-pasar.

Meski pihak RPH sendiri telah mengantisipasi lonjakan kebutuhan daging menjelang hari raya terutama karena pihak Pemerintah Provinsi juga telah mem-back up dengan memercayakan sapi dan jenis ternaknya yang lain dikerjakan di RPH Makassar. Namun, wali kota berlatar belakang arsitek ini menyampaikan akan lebih baik lagi jika pasokan daging terjamin dengan baik.

“Cuma memang kita perlu ada cadangan-cadangan jangan sampai nanti ada gejolak kebutuhan yang tiba-tiba meningkat, maka kita harus tetap punya stock,” jelasnya.

Saat ini, kata Dia gejolak harga daging di pasaran sekitar Rp 85 ribu – Rp 95 ribu, namun harga ini masih di bawah Rp 100 ribu per kilogram atau cenderung masih terkendali.

“Pemerintah juga akan melakukan interpensi dengan melapis stock ini, misalnya selama ini stock kita 3000 kita lapis lagi sehingga jangan ada nanti tiba-tiba kita kekurangan stock. Itukan berbahaya sekali jika di saat-saat dibutuhkan tiba-tiba kita kekurangan stock,” paparnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas KP3, Abdul Rahman Bando mencatat stock yang dimiliki RPH hingga saat ini telah mencapai 3000 ekor sapi yang didatangkan dari berbagai daerah.

“Menghadapi bulan puasa dan lebaran ini stock persediaan daging kita sudah mencapai 3000 ekor sapi, jadi masih aman,” ungkapnya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya