HTTP Status[404] Errno [0]

Matemija, KPK Segera Tetapkan Saipul Jamil Tersangka

18 June 2016 00:55
Matemija, KPK Segera Tetapkan Saipul Jamil Tersangka
Samsul Hidayatullah (berompi tahanan warna oranye)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Samsul Hidayatullah (berompi tahanan warna oranye)

Samsul Hidayatullah (berompi tahanan warna oranye)

BugisPos — Pedangdut Saipul Jamil diduga kuat terlibat dalam kasus dugaan suap Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Dia diduga menjadi sumber uang suap yang diberikan kepada Panitera Rohadi.

Terkait kasus itu, penyidik baru menetapkan empat orang sebagai tersangka, antara lain dua pengacara Saipul, yakni Bertanatalia Rukuk Kariman dan Kasman Sangaji; kakak kandung Saipul, Samsul Hidayatullah, serta Rohadi.

Namun, hingga saat ini, Saipul Jamil belum berstatus sebagai tersangka.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan menyebut pihaknya masih perlu melakukan pemeriksaan terlebih dulu kepada Saipul. “Penetapan tersangkanya nanti, penyidik akan melakukan pemeriksaan dulu kepada yang bersangkutan,” kata Basaria, di kantornya, Kamis 16 Juni 2016.

Menurut Basaria, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan untuk menghadirkan Saipul. Lantaran, Saipul yang diketahui merupakan terdakwa perkara pencabulan itu tengah menjalani masa tahanan.

Perkara Saipul Jamil diketahui telah diputus Majelis Hakim dengan vonis tiga tahun penjara. Diduga, suap diberikan, agar putusan Hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa, yakni pidana penjara selama tujuh tahun dan denda Rp100 juta.

“Ada suatu peristiwa tindak pidana suap yang dilakukan seorang terdakwa yang berusaha untuk menurunkan putusannya dengan segala macam cara, mungkin dia menginginkan sangat rendah mungkin satu tahun,” kata Basaria.

Diduga, uang yang dijanjikan diberikan oleh pihak Saipul Jamil mencapai Rp500 juta. “Tapi yang ditemukan Rp250 juta,” kata Basaria

Terjaring OTT KPK

Sebelumnya, kakak sekaligus manajer Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah ternyata menangis saat ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT), Rabu (15/6). Informasi tentang Samsul yang menangis saat dibekuk KPK itu diungkapkan kakak sulungnya, Sholeh Kawi.

Sholeh menuturkan, tangisan Samsul membuat seluruh keluarganya terpukul. “Karena nangis itu yang buat kita keluarga jadi sedih,” kata Sholeh saat ditemui wartawan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/6).

Namun, Sholeh mengaku tidak tahu alasan Samsul menangis saat disergap. Dia menduga ada unsur ketakutan atau karena persoalan pribadinya.

“Mungkin karena persoalan baru kan bisa aja, bukan karena apa-apa,” jelasnya.

Seperti diketahui, KPK melakukan OTT terhadap Samsul, seorang panitera muda Pengadilan Negeri Jakarta Utara bernama Rohadi, serta Bertha Natalia dan Kasman Sangaji yang menjadi pengacara Saipul Jamil. OTT itu terkait dengan transaksi suap dalam perkara yang menjerat Saipul selaku terdakwa pencabulan terhadap anak di bawah umur (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya