HTTP Status[404] Errno [0]

Matemija, Dampak Reklamasi CPI Diselidiki Komnas HAM

29 June 2016 23:52
Matemija, Dampak Reklamasi CPI Diselidiki Komnas HAM
Proyek CPI Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Â Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyelidiki dampak reklamasi kawasan Center Point of Indonesia di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).
“Reklamasi ini kan dilakukan dalam skala besar, sampai 157 ha. Apakah ini benar-benar dilakukan untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat, atau hanya untuk kepentingan bisnis kelompok pemilik modal tertentu,” kata Komisioner Komnas HAM Hafid Abbas yang dihubungi melalui telepon selulernya, Senin 27/6/16

Terkait masalah HAM, menurut Hafid, ada beberapa hal terkait indikasi kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM akibat reklamasi ini.

“Ada warga yang berteriak kehilangan hak atas mata pencaharian, karena digusur,” ungkapnya dikutip antara

Hafid menilai, meskipun Pemda berargumen bahwa tanah tersebut adalah tanah tumbuh, namun faktanya masyarakat memiliki semacam barak-barak yang dihuni oleh sekitar 43 kepala keluarga.

Masyarakat, kata dia, juga kehilangan haknya atas tempat tinggal, meskipun Pemda mengatakan telah menyiapkan tempat tinggal namun kenyataannya masyarakat menolak dipindahkan ke sana.

“Kami menyarankan agar Pemerintah Daerah membangun komunikasi yang lebih baik dengan masyarakat yang terkena dampak reklamasi ini,” kata dia.

Belum lagi dampak-dampak tidak langsung terkait masalah lingkungan yang muncul karena aktifitas reklamasi ini.

“Akan muncul dampak-dampak lain yang sangat rawan, jika ini dipaksakan untuk dilanjutkan tanpa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Walhi Sulsel Asmar Exwar mengatakan reklamasi memang berpotensi menimbulkan dampak yang besar bagi masyarakat kecil.

“Dalam konteks pelanggaran HAM, Komnas HAM dituntut untuk melakukan pemantauan di kawasan reklamasi termasuk di Makassar,” pungkasnya.

Selain CPI, Komnas HAM juga mengumpulkan informasi terkait Energi Centre dan Pelabuhan Maritim terpadu di Untia, Makassar, selama dua hari (23-24 Juni).


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya