HTTP Status[404] Errno [0]

Uang Pejabat Parepare Mengalir Dari Mana ?

01 July 2016 01:21
Uang Pejabat Parepare Mengalir Dari Mana ?
Kantor Walikota Parepare
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Â Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menelusuri aliran uang serta transaksi keuangan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Parepare sekaitan dengan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).
“Setelah adanya laporan transaksi keuangan dari PPATK, kita kemudian akan melakukan penelusuran aliran uang itu dari mana dan kemana,” ujar Koordinator Bidang Pidana Khusus Kejati Sulselbar Noer Adi di Makassar, Selasa 28/6/16

Dia mengatakan, penelusuran aliran uang ke pejabat Pemkot Parepare itu untuk mengetahui terkait apa transaksi keuangan dilakukan melalui rekening dan apa tujuannya.

Noer mengaku jika aliran uang yang masuk ke sejumlah pejabat itu terkait langsung dengan proyek pengadaan alat kesehatan RSUD Andi Makkasau Parepare pada 2014.

Dalam kasus yang semula penyelidikannya terkait dugaan penggelembungan (mark up) anggaran Alkes RSUD Andi Makkasau itu kemudian berkembang ke TPPU setelah adanya laporan dari Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Awalnya memang kasusnya pada kasus dugaan tindak pidana korupsi, namun belakangan ada laporan dari PPATK mengenai adanya aliran dana ke pejabat-pejabat,” katanya dikutip antara

Dalam kasus itu sebelumnya, kejaksaan telah menetapkan dua orang tersangka yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Uwais dan rekanan dari PT Pahlawan Roata, Candra Pratama.

Hasil pengembangan dan fakta yang terungkap dalam persidangan kasus tersebut. Penyidik menemukan adanya dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang disinyalir berasal dari proyek pengadaan Alkes.

Proyek yang telah menelan anggaran APBN, sebesar Rp19,8 miliar dan berpotensi menimbulkan kerugian negara sebesar Rp8 miliar. Terkait adanya dugaan TPPU dalam kasus ini.

Dalam data tersebut menyebutkan bahwa ada uang hasil penggelembungan harga Alkes RSUD Andi Makkasau yang mengalir ke sejumlah rekening pejabat di Pemkot Parepare.

“Sudah ada beberapa nama pejabat yang telah kita kantongi,” sebutnya.

Hanya saja Noer belum bisa membeberkan siapa saja nama pejabat yang terlibat dalam kasus dugaan TPPU tersebut. Menurut dia penyidik masih butuh melakukan pendalaman lebih jauh lagi, sebelum menetapkan tersangkanya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya