HTTP Status[404] Errno [0]

Sweping KTP Larang Pendatang Baru Masuk Makassar

10 July 2016 21:56
Sweping KTP Larang Pendatang Baru Masuk Makassar
Nielma Papamba
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos —  Mengingat Makassar semakin padat penduduk membuat Pemkot Makassar melakukan langkah antisipatif untuk membatasi warga pendatang baru masuk Makassar tanpa dilengkapi dokumen kependudukan yang sah. Yang dapat dibenarkan bebas masuk ke Makasaar hanya sebatas pada mereka yang bertujuan melanjutkan pendidikan. Lain dari itu mereka akan dibatasi. Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar  sendiri mengakui pihaknya melakukan sweeping kartu tanda penduduk (KTP) bagi pendatang baru.

Kepala Dukcapil Makassar  Nielma Palamba mengatakan, operasi yustisi untuk mengantisipasi lonjakan penduduk di Kota Makassar akibat masuknya pendatang baru. Pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait. “Antisipasi ini kegiatan rutin setiap tahun, tapi harus koordinasi dulu dengan Otoritas Pelabuhan, Satpol PP, Pelni,” kata Nielma, Minggu (10/7/2016).

Nielma menuturkan, Dukcapil melakukan tertib dan sosialisasi berupa pemeriksaan dokumen kependudukan. Tujuannya, memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu membawa dokumen kependudukan. Upaya yang dilakukan hanya pembinaan administrasi kependudukan. Masyarakat yang ingin menetap di Kota Makassar harus melaksanakan ketentuan yang berlaku di kota ini.

Sweeping Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dilakukan berbeda dengan operasi yustisi. Sebab, yustisi berujung dengan sanksi atau denda yang melibatkan unsur peradilan. Sayangnya, hal ini belum diatur dalam regulasi yang ada.

“Apalagi, tidak ada regulasi yang melarang siapa pun untuk pergi ke suatu daerah. Ini berlaku di seluruh Indonesia,” katanya.

Pemeriksaan KTP akan dilakukan di pelabuhan. Disdukcapil memilih pelabuhan karena kapasitasnya yang besar. Setiap kapal yang berlabuh mengangkut ribuan penumpang (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya