HTTP Status[404] Errno [0]

Memalukan, Sulsel Nomor Dua Kongkalikong Tender Proyek

13 July 2016 10:52
Memalukan, Sulsel Nomor Dua Kongkalikong Tender Proyek
KPPU : Sulsel Urutan Kedua Kongkalikong Tender Proyek
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
KPPU : Sulsel Urutan Kedua Kongkalikong Tender Proyek

KPPU : Sulsel Urutan Kedua Kongkalikong Tender Proyek

BugisPos — Â Adalah seharusnya urusan tender proyek sejalan dar seiring dengan penghargaan WTP yang diperoleh Sulsel beberapa secara berturut-turut. Nyatanya justeru di soal tender proyek berada di urutan kedua nasional sebagai daerah yang kacau dalam proses tender proyek. Nyaris semua proyek yang ditender di Sulsel mengalami tragedi kongkalikong, yang tentu saja jauh dari proses yang profesional. Mafia proyek terkesan masih sangat berkuasa di balik ketiak para penguasa daerah.

Bahwa provinsi Sulawesi Selatan menempati urutan kedua di tingkat nasional sebagai daerah yang terbesar dalam kongkalikong tender proyek. sebagaimana data otentik dari laporan yang masuk ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Kota Medan menempati urutan pertama menyusul provinsi Sulsel. Anggota komisioner KPPU Pusat Dr. Karina mengatakan bahwa sekitar 90% laporan yang masuk adalah terkait tender proyek.

“Sulsel menempati urutan kedua, sedangkan urutan pertama ditempati oleh Kota Medan dalam hal monopoli proyek,” ungkap Dr Karina, di hotel Imperial Aryaduta Makassar belum lama ini.

Dia menjelaskan bahwa dengan sosialisasi dan edukasi yang terus dilakukan oleh KPPU sehingga ada kesadaran untuk melaporkan setiap kejanggalan dalam tender proyek. Lebih jauh dia menjelaskan bahwa selain mengawasi tender jalan juga mengawasi persaingan para pelaku usaha. Bagi para pelaku usaha yang terbukti melanggar UU persaingan usaha maka akan dikenai yang bisa mencapai millyaran rupiah.

Tingginya kongkalikong dalam hal tender proyek juga diakui oleh Ketua KPPU Sulampapua, Ramli Simanjuntak. Dia menjelaskan bahwa dari laporan yang ada, tender proyek diwilayah Sulampapua lebih banyak di monopoli dua nama pengusaha
KPP

“Saat ini ada dua nama yang selalu memonopoli tender proyek,” tambahnya.

Menurutnya yang menjadi pengawasan dalam tender yakni tender jalan nasional dan tender pengadaan pupuk. “Besok kita akan menggelar sidang untuk 6 paket laporan,” tutup Dr Karina.

Dengan kondisi seperti ini, siapa yang dipermalukan ? Tentulah yang harus malu adalah para pimpinan pemerintahan di daerah ini, terutama gubernur Syahrul Yasin Limpo dan para bupati dan walikota se-Sulsel. Sebab soal tender-menender proyek adalah mereka ini yang menjadi pengambil keputusan. Masyarakat umum sudah lama mahfum, bahwa siapa kontraktor yang dekat-dekat dengan penguasa, merekalah yang banyak menikmati proyek. darna


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya