HTTP Status[404] Errno [0]

Lagi-lagi Danny Berinovasi Bikin Rakorsus

17 July 2016 06:03
Lagi-lagi Danny Berinovasi Bikin Rakorsus
Walikota pimpin Rakorsus
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memimpin langsung Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) di Fourpoint Hotel By Sheraton sekaligus satu-satunya di Indoensia dalam membahas penyusunan anggaran tahun 2017 mendatang.

Rakorsus ini bermaksud untuk meningkatkan performa kinerja SKPD, Camat, Lurah dan Perusahaan Daerah (Perusda) dalam menggunakan dana anggaran secara transparan, akuntabel dan tepat sasaran.

Untuk itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan jika Rakorsus ini juga sebagai bahan evaluasi kepada seluruh jajaran lingkup Pemkot Makassar di tahun 2016 hingga 2017 nantinya. Kata Danny, di moment seperti ini semua unsur akan saling berkoordinasi dan komunikasi.

“Banyak program Kota Makassar menjadi program nasional, itu menandakan kita berbeda dari Kota lainnya,” aku Danny dalam sambutannya di Rakorsus, Sabtu (16/7/2016).

Hadir dalam Rapat Koordinasi Khusus kali ini, SKPD, Camat, Lurah, Tim Pendamping SKPD, Perusda, Tim Pengawas dan Anggota DPRD Kota Makassar. (dan/ant/liputan8)

Dorong Keterlibatan Publik

Walikota coba mendorong keterlibatan publik atau public engagement dalam program Pemerintah kota (Pemkot) Makassar. Hal itu mengemuka saat Danny membuka Rapat Kordinasi Khusus (Rakorsus) Pemkot Makassar di Hotel Four Point by Sheraton, Sabtu, (16/07).

Menurut Danny, keterlibatan publik sangat penting dalam mendorong kesuksesan program Pemkot yang menandakan masyarakat peduli terhadap roda pemerintahan yang tengah berjalan dan ada rasa memiliki terhadap kota Makassar.

“Adanya keterlibatan publik akan meringankan langkah pemerintah kota dalam merealisasikan program pemerintahan,” tutur Danny.

Memunculkan keterlibatan publik, lanjut Danny, diawali dari menjaring aspirasi publik, dan kebutuhan masyarakat yang diterjemahkan ke dalam program pemerintah. Alat untuk menjangkau itu, telah dimiliki oleh Pemkot Makassar.

Masih segar dalam ingatan kita, program Sentuh Hati yang digulirkan oleh Wali Kota Danny yang mewajibkan setiap camat dan lurah mengunjungi paling sedikit 20 rumah dalam sepekan yang dilakukan setiap Selasa, Rabu, dan Kamis.

Lewat Sentuh Hati, lurah dan camat sebagai ujung tombak pemerintahan dapat mengetahui kebutuhan masyarakat sekaligus menakar sejauh mana program yang ada mampu dirasakan manfaatnya oleh warga kota.

Indeks happines kota Makassar yang mencapai 75,21 persen dapat dijadikan salah satu rujukan dalam mengukur sejauh mana program pemerintah bermanfaat bagi masyarakatnya.

Sementara itu, Penasehat Pemkot Makassar, Zulkifli Gani Ottoh dalam kesempatan yang sama menyebutkan belum pernah menemukan program secemerlang itu (Sentuh Hati), “Jika lurah dapat memaksimalkan kordinasi dengan RT/RW dan camat kemudian ke wali kota maka setiap permasalahan dapat diketahui dan menemukan solusi yang dibutuhkan,” ujar Zulkifli.

Rakorsus dihadiri sekitar 800 peserta yang berasal dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Perusda (Perusahaan Daerah) lingkup Pemkot Makassar. Rakorsus membahas revisi RPJMD (Rencana Program Jangka Menengah Daerah), Renja (Rencana Kerja), dan Renstra (Rencana Strategis) dengan mempertimbangka out put, out come, dan indikator kinerja dalam setiap tahapan. humas


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya