HTTP Status[404] Errno [0]

Ditunda ki Pembacaan Tuntutan Bupati Barru

19 July 2016 01:07
Ditunda ki Pembacaan Tuntutan Bupati Barru
Andi Idris Syukur
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Â Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar menunda sidang kasus dugaan korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) izin tambang di Kabupaten Barru dengan terdakwa Bupati Barru Andi Idris Syukur karena berkas tuntutan belum rampung.
“Sidangnya ditunda karena berkas tuntutan yang seharusnya dibacakan hari ini oleh tim jaksa penuntut belum rampung, sehingga ditunda Senin, pekan depan,” ujar Ketua Majelis Hakim Tipikor Makassar Andi Cakra Alam di Makassar dikutip antara, Senin 18/7/16

Berdasarkan pantauan sejak pagi, terdakwa Andi Idris Syukur sebelum sidangnya digelar sudah berada di ruang sidang utama beserta para kerabatnya dan puluhan orang-orang dekatnya memenuhi Pengadilan Negeri Makassar.

Namun sidang dengan agenda pembacaan tuntutan oleh JPU, harus mengalami penundaan hingga senin pekan depan. Lantaran berkas tuntan yang akan dibacakan oleh tim JPU belum rampung disusun.

Penasihat Hukum terdakwa, Aliyas Ismail meminta agar penundaan ini menjadi yang terkahir bagi kliennya karena penundaan sebelumnya sudah pernah terjadi sebelum lebaran Idul Fitri.

“Kami menghargai penundaan ini dengan catatan ini penundaan yang terakhir,” ujarnya.

Menurutnya, alasan penundaan yang dilakukan JPU karena secara administrasi berkas tuntutan terdakwa belum siap. Apalagi prosedur perkara-perkara seperti ini menjadi perhatian Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Tentunya kami bisa memaklumi itu, tapi kita juga menghargai apa yang telah dilakukan JPU. Semoga penundaannya tidak karena ada pertimbangan-pertimbangan yang tidak rasional,” katanya.

Terpisah Humas Pengadilan Tipikor Makassar Ibrahim Palino mengatakan, tetap akan melakukan koordinasi dengan pihak Kejaksaan terkait sidang kasus tersebut.

Dalam kasus ini diketahui, terdakwa Andi Idris Syukur didakwa melanggar pasal berlapis. Terdakwa dikenakan pasal 12 huruf e undang undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diuba dengan Undang undang nomor 20 tahun 2011 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Korupsi.

Andi Idris Syukur juga dikenakan pasal 3 undang undang nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (TPPU) sebagaimana yang didakwakan (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya