HTTP Status[404] Errno [0]

Kunjungan Wisman ke Makassar 2016 Meningkat ji Tauwwa

22 July 2016 00:26
Kunjungan Wisman ke Makassar 2016 Meningkat ji Tauwwa
Wisman berkunjung di Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Â Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Makassar, Sulawesi Selatan, pada 2016 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
“Ada peningkatan angka kunjungan wisatawan secara keseluruhan baik domestik maupun mancanegara di tahun 2016 ini,” ujar Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Makassar, Muh Roem di Makassar dikutip antara, Kamis 21/7/16

Dia mengatakan, berdasarkan data yang diolah Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan maupun Makassar, tingkat kunjungan pada triwulan pertama di tahun 2015 maupun 2016 hampir dua kali lipat.

Pada triwulan pertama tahun 2015, jumlah wisatawan mancanegara yang datang sebanyak 24 ribu orang dan setahun kemudian pada waktu yang sama sudah mengalami peningkatan pada angka 48 ribu orang.

“Lonjakan kunjungan wisman ini hampir dua kali lipat. Di triwulan pertama tahun lalu itu cuma sekitar 24 ribu orang dan sekarang di triwulan 2016 ini sudah 48 ribu orang,” katanya.

Selain pada lonjakan jumlah wisman, wisatawan domestik yang berkunjung ke Makassar juga mengalami kenaikan dari 1,7 juta di tahun 2015 menjadi 2,1 juta di 2016.

Roem menyebutkan, dua destinasi andalan para wisatawan asing di Makassar, yaitu di Pulau Samalona dan Kawasan Kuliner di Anjungan Pantai Losari Makassar.

Bahkan data dari Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf), dua obyek destinasi ini mengikat para wisatawan untuk datang lagi ke Makassar sesuai dengan hasil wawancara kepada wisman.

Roem juga mengungkapkan, untuk negara Eropa, wisatawan asal Belanda mendominasi kunjungan wisata di Makassar serta wisatawan Malaysia yang berasal dari Asia Tenggara.

Data tersebut diperoleh dari survei yang dilakukan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Pelabuhan Soekarno-Hatta dan sejumlah hotel di Makassar.

Roem menuturkan, saat ini Pemkot Makassar mendata di Makassar sebanyak 22 Pulau, lima tempat wisata sejarah, dua Theme Park, puluhan wisata MICE dan medicial tourism bisa dinikmati para wisatawan.

Analisis Sektor Pariwisata Makassar ini menghadirkan Pembantu Rektor IV Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar Farid Said, juga dari Ketua DPD Sulsel Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Makassar Didi Leonardo Manaba (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya