HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota Lepas ki JCH Makassar

02 August 2016 00:40
Walikota Lepas ki JCH Makassar
Walikota Danny Pomanto menyerahkan bendera rombongan Calhaj Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Walikota Danny Pomanto menyerahkan bendera rombongan Calhaj Makassar

Walikota Danny Pomanto menyerahkan bendera rombongan Calhaj Makassar

BugisPos – Sekitar seratusan Jamaah Calon Haji (JCH) kota Makassar melantunkan shalawat badar saat Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memasuki Mesjid Raya Makassar, Senin, (1/08). Kehadiran Wali Kota Danny di tengah – tengah jamaah untuk melepas secara resmi 910 jamaah calon haji Makassar yang akan menunaikan ibadah haji di tanah haram.

Tahun ini, Kementerian Agama RI memberangkatkan jamaah calon haji Makassar sebanyak 13 kloter gabungan. Mereka mulai masuk ke Asrama Haji pada 8 Agustus, dan diberangkatkan pada 9 – 21 Agustus untuk gelombang I, dan 22 Agustus – 4 September untuk gelombang II. Diperkirakan jamaah calon haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada 10 September nanti, sementara untuk awal pemulangan jamaah haji dijadwalkan pada 17 September, dan akhir kedatangan jamaah haji di tanah air pada 30 September.

Wali Kota Danny berpesan kepada seratusan JCH Makassar untuk menjaga nama baik kota selama menunaikan ibadah haji. “Jagalah selalu nama baik kota sebagai tamu Allah, dan nama baik bangsa Indonesia selama menunaikan ibadah haji. Tetaplah saling menghormati dan menghargai baik dengan jamaah yang berasal dari kota yang sama ataupun berbeda kota bahkan negara,” pesan Danny.

Ia juga mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan dan mengutamakan rukun haji. “Ingatlah bahwa keberadaan kita di sana untuk beribadah, jaga kesehatan dan fokuslah beribadah. Ibadah haji adalah ibadah rohaniyah, maliyah sekaligus badaniyah,” lanjutnya.

Dikatakan ibadah badaniyah, rohaniyah dan maliyah karena ibadah haji membutuhkan kemampuan biaya, fisik, dan mental atau rohani serta mampu dari segi pemahaman manasik untuk mewujudkan niat suci memenuhi panggilan Allah SWT dalam mendukung kesempurnaan ibadah sehingga menjadi haji yang mabrur.

Perjalanan ibadah haji membutuhkan waktu yang relatif panjang karena jauh melampaui batas – batas negara, melibatkan beragam etnis, dan suku, serta harus melaksanakan berbagai amalan. Olehnya itu, menurut Danny dibutuhkan kesabaran, dan kebersamaan bagi CJH agar mendapatkan kemudahan selama pelaksanaan haji.

Penting bagi setiap JCH untuk memahami Istitha’ah yang berarti kemampuan biaya, fisik, mental dan melaksanakan manasik haji secara benar. “Dalam melaksanakan ibadah haji dahulukanlah rukun haji lalu wajib haji kemudian sunnah haji. Jangan karena memburu sunnah haji lantas mengesampingkan yang rukun,” ingat Danny.

Pelepasan JCH Makassar dirangkaikan manasik haji yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Makassar, Alimuddin Akib. Dalam manasiknya, Alimuddin menyampaikan hal – hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji seperti rukun, wajib, dan sunnah haji. rilis


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya