HTTP Status[404] Errno [0]

Kodim 1402/Polmas Sosialisasi Bela Negara di Sulawesi

12 August 2016 01:49
Kodim 1402/Polmas Sosialisasi Bela Negara di Sulawesi
illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 71 Tahun 2016, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Kodim 1402/Polmas menyelenggarakan sosialisasi Bela Negara bagi pelajar setingkat SMA sederajat di wilayah Kodim 1402/Polmas sekaligus merupakan program TNI Angkatan Darat khususnya Kodam VII/Wirabuana, kegiatan tersebut diikuti oleh seribu siswa-siswi SMA dan sederajat Kabupaten Polman, bertempat di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Kamis(11/8/2016).

Pangdam VII/Wrb Mayjen TNI Agus Surya Bakti dalam amanatnya tertulis yang dibacakan oleh Ketua Tim Forum Kebangsaan Wirabuana Kolonel Inf Satria Putra Rauf S.Ip mengatakan bahwa, kegiatan sosialisasi bagi para siswa SMA sederajat ini, dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali pemahaman tentang Bela Negara bagi generasi muda khususnya bagi pelajar SMA dan sederajat.

Lebih lanjut, Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan, kita semua menyadari, bahwa pemahaman tentang Bela Negara sangat penting bagi segenap warga negara, utamanya bagi generasi muda karena mereka akan persiapkan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, sehingga perlu diberi pemahaman Bela Negara sejak dini, agar mereka benar-benar memiliki kesiapan untuk menjadi penerus perjuangan bangsa di masa depan.

“Esensi Bela Negara yang akan diberikan melalui kegiatan ini nantinya dapat diaplikasikan dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya sesuai bidang dan fungsi masing-masing,” imbuh Pangdam VII/Wrb.

Mayjen TNI Agus Surya Bakti berharap agar sasaran kegiatan ini dapat tercapai dengan terbangunnya watak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta memiliki bekal bela negara baik secara psikis maupun fisik.

Sementara itu Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra pada kesempatan tersebut memberikan materi tentang “Peran Genersasi Muda Dalam Bela Negara” dihadapan ribuan peserta sosialisasi Bela Negara.

Letkol Kav I Made Bagus Suraputra mengajak para peserta agar menyamakan persepsi tentang Bela Negara utamanya pelajar setingkat SMA dan sederajat. ”Mari kita sepakat bahwa semua hal yang memperkuat Bangsa adalah Bela Negara,” paparnya.

Lebih lanjut Dandim 1402/Polmas menjelaskan secara umum bahwa Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Mengakhiri pembekalannya Letkol Kav I Made Bagus Suraputra berpesan kepada para peserta, jauhi segala macam bentuk Narkoba, hindari pergaulan bebas. “Yakinlah bahwa semua orang dilahirkan untuk menjadi pemenang dan selamat berjuang meraih cita-cita,” pungkasnya. Ahmad Rohanda


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya