HTTP Status[404] Errno [0]

Satgas Kontingen Garuda Unifil Kunjungi School Engagement

07 September 2016 00:18
Satgas Kontingen Garuda Unifil Kunjungi School Engagement
illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos —   Pelaksanaan School Engagament/SE yang dilaksanakan Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU) di wilayah penugasan Lebanon, Selasa (6/9/2016). Kapten Inf Dont Serudi Pasaribu sebagai Chief PDMC menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu tugas MCOU pada Kontingen Garuda Unifil 2016 untuk memberikan sosialisasi informasi kepada siswa di sekolah-sekolah tentang peran serta Unifil di area operasi Lebanon khususnya wilayah selatan mengenai penjelasan blue lineblue barrel, bahaya landmine dan uxo.

Sebelum kegiatan, diawali dengan membuat appointment atau janji dengan pihak yang berwenang seperti Mayor (setingkat Bupati/Walikota), Direktur Sekolah dan aparat keamanan Lebanon. Setelah mendapat persetujuan dari ketiga pihak tersebut, maka kegiatan bisa dilaksanakan.

Pada hari yang disepakati, maka Tim PDMC segera melaksanakan persiapan yang sebelumnya diawali dengan brefing singkat dari Dansatgas MCOU Mayor Czi Roni Agus Widodo untuk mendapatkan beberapa petunjuk dan arahan. Setelah semua siap, maka tim bergerak menuju lokasi sekolah yang menjadi sasaran kegiatan tersebut.

Sesampainya di lokasi Ketua Tim selaku Dansatgas MCOU Mayor Czi Roni Agus Widodo akan menjumpai Direktur Sekolah untuk menerangkan maksud dan tujuan serta teknis pelaksanaan kegiatan. Tim disambut hangat dengan suguhan kopi ala Lebanon sambil menunggu persiapan para siswa. Selama menunggu kami berbincang-bincang dengan Direktur Sekolah tentang aktivitas sekolah dan lingkungan sekitar.

Dalam pelaksanaan kegiatan terdiri dari beberapa tahap. Pertama, tahap perkenalan MCOU dan anggota tim serta dilanjutkan dengan menjelaskan tentang peran serta Unifil dalam mendukung pemulihan keamanan di Lebanon Selatan. Kemudian tahap berikutnya memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa tentang apa yang belum dimengerti.

Perlu diketahui bahwa kegiatan dilaksanakan dengan bantuan Langguage Assistant sebagai penerjemah dari bahasa Inggris ke bahasa Arab (lokal). Untuk memudahkan mereka dalam menangkap penjelasan, kami juga menayangkan video yang sudah disiapkan dalam bahasa Arab. Pada akhir kegiatan tim akan membagikan souvenir berupa tas dan perlengkapan sekolah. Para siswa sangat senang dan terhibur dengan pelaksanaan kegiatan ini.

Selama kegiatan, anak-anak bersemangat dan tertarik mendengar penjelasan dan menonton video Unifil dan kegiatannya. Walikota dan Direktur sekolah mengatakan kami sangat menghargai kegiatan ini karena hal ini sangat berguna untuk anak-anakgenerasi berikutnya di Lebanon.

Keterlibatan MCOU ke sekolah memiliki efek positif pada masyarakat terutama anak-anak karena memberikan pengetahuan tentang keberadaan Unifil di Lebanon Selatan. Masyarakat lokal mengharapkan agar program-program sejenisnya dapat terus dilanjutkan untuk mempererat hubungan baik antara Unifil dengan rakyat Lebanon dalam rangka menciptakan perdamaian. Ahmad Rohanda


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya