HTTP Status[404] Errno [0]

Ternyata Mario Teguh Putra Bugis Sidrap

10 September 2016 01:12
Ternyata Mario Teguh Putra Bugis Sidrap
Linna Teguh dan Mario Teguh.

BugisPos – Banyak yang pernah mengira, Mario Teguh adalah orang Jawa, ini karena dialeknya. Mario sebenarnya orang Bugis asal Rappang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Ia “mengklarifikasi” identitasnya itu pada Seminar Motivasi, Bersama Wujudkan Impian yang digelar Bosowa Corporation di Makassar, beberapa waktu silam.

Mario lahir dari rahim wanita Bugis bernama Sitti Maria di Rappang, Sidenreng Rappang, 5 Maret 1956. Ayahnya bernama Gozali Teguh. Dia menghabiskan masa kecilnya di Sidrap, kabupaten berjarak sekitar 170 kilometer dari Kota Makassar.

Hidup di kampung, jauh dari kota besar, keluarga sederhana, memotivasinya untuk merantau agar dapat mengubah hidupnya. Sebagai lelaki berdarah Bugis, Mario mengaku nekat merantau hanya bermodal keberanian (warani).

“(Saya) anak kecil keturunan Bugis ini berani ke Jakarta menjadi pembicara publik didengarkan jutaan orang, keberanian nggak,” tuturnya disambut aplaus meriah hadirin, termasuk sang istri, Linna Teguh, saat memperkenalkan diri.

Mario bernama lengkap Sis Maryono Teguh. Sejak tahun 1975, ia menggunakan nama lainnya di KTP dan paspor, Drs. Mario Teguh,MBA.

Dari pernikahannya dengan Linna, dikarunai putra dan putri, Audrey Teguh dan Marco Teguh. Keduanya menggunakan fam. Sis Maryono Teguh punya arti.

“Teguh ayah Saya. Sis saya ambil dari Asma’ul Husna, Al ‘Aziiz, Ma itu Maret, Ono itu ada, lahir pada Maret,” sebut alumnus New Trier West High, Chicago, Amerika Serikat ini.

“Mario dalam bahasa Bugis itu ternyata artinya gembira,” katanya.

Nama lengkapnya pula digunakan untuk mengantarkan dirinya meraih beasiswa ke Chicago di sekolah setara dengan SMA.

Selama berada di Negeri Paman Sam, Mario selalu main basket, namun menjadi masalah karena dirinya kurang tinggi. Di situlah ia selalu berteriak menggunakan kata pertama pada nama lengkapnya, Sis.

Profil Singkat
Nama Lengkap   : Sis Maryono Teguh alias Mario Teguh, berprofsi sebagai Konsultan,Pengusaha,Psikolog,Penulis,Filsuf. Dia pemeluk Islam yang taat. Lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 5 Maret 1956. Isterinya bernama Linna Teguh dan punya 3 anak, yakni Audrey Teguh,Marco Teguh. Ayahnya bernama Gozali Teguh dan ibunya bernama Siti Maria.

Sis Maryono Teguh adalah nama lengkap dari motivator handal, konsultan asal Indonesia dan terkenal yang biasa orang kenal dengan nama Mario Teguh yang biasa menjadi motivator. beliau lahir di Makassar pada tanggal 5 Maret 1956 dan sekarang dia berumur 58 tahun beliua dibesarkan di keluarga sederhana di makassar. Dia seorang Islam yang taat.

Beliau meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Sebelum memulai karirnya. Pak Mario Teguh sempat bekerja sebagai karyawan di Citibank, setelah lama bekerja, beliau kemudian mendirikan sebuah Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. dan sekaligus menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Dengan kesibukannya sebagai pembisnis, Beliau juga membentuk komunitas Mario Teguh Super Club (MTSC).
Pada tahun 2003 memperoleh suatu penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia. Dan pada tahun 2010 kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai motivator dengan halaman penggemar Facebook terbesar di Indonesia.
Sebelumnya Beliau membawakan acara bertajuk Business Art di O’Channel. Kemudian namanya semakin dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebagai salah satu motivator termahal di Indonesia.Pada tahun 2010, Beliau terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika surat kabar yang terbit di Jakarta.Â

PENDIDIKAN

  • SDN Makassar Sulawesi Selatan
  • SMP Makassar Sulawesi Selatan
  • SMA Makassar Sulawesi Selatan
  • Jurusan Arsitektur New Trier West High (setingkat SMA) di Chicago, Amerika Serikat, 1975.
  • Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang (S-1).
  • Jurusan International Business, Sophia University, Tokyo, Jepang.
  • Jurusan Operations Systems, Indiana University, Amerika Serikat, 1983 (MBA).

KARIER

  • BIMC sebagai Head of Manager, Zamre Ab. Wahab
  • Citibank Indonesia sebagai Head of Sales (1983–1986)
  • BSB Bank sebagai Manager Business Development (1986–1989)
  • Aspac Bank sebagai Vice President Marketing & Organization Development (1990–1994)
  • Exnal Corp Jakarta sebagai CEO dan Senior Consultant (1994–sekarang)
  • Spesialisasi: Business Effectiveness Consultant

ORGANISASI

  • Belum Diketahui

PENGHARGAAN

  • MURI (2010) Seorang Motivator

BUKU

  • Becoming a Star (2006)
  • One Million Second Chances (2006)
  • Life Changer (2009)
  • Leadership Golden Ways (2009)

SOCIAL MEDIA

Sumber; id.wikipedia.org


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya