HTTP Status[404] Errno [0]

Bajak fb Kapolda, Dipakai Minta-minta Uang

09 October 2016 22:44
Bajak fb Kapolda, Dipakai Minta-minta Uang
Yusran Amkas alias Komar, pembajak fb Kapolda Sulsel
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Yusran Amkas alias Komar, pembajak fb Kapolda Sulsel

Yusran Amkas alias Komar, pembajak fb Kapolda Sulsel

BugisPos — Â Tidak masuk akal memang bila seorang Kapolda melalui akun facebook miliknya minta-minta uang hanya Rp 800 ribu kepada teman-teman fb nya. Sungguh tak bisa dipercaya. Tapi itulah yang terjadi, akun fb Kapolda Sulsel Irjen Anton Charliyan ini dipakai mencari uang receh. Sungguh memalukan.

Ternyata, akun fib kapolda Sulsel ini dibajak oleh Yusran Amkas alias Komar (30) kemudian Yusran memperdaya 20 orang teman fb Kapolda dengan minta uang Rp 800 ribu per orang. Yusran Amkas minta uang itu dikirim ke rekening bank atas nama Ahmad Syaiful Saputra.

Tapi sial bagi Yusran warga perumahan Dato Tiro Ela-ela Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba ini, karena hanya 12 jam dia menjalankan aksinya keburu ditangkap oleh intel dan reskrim Polres Bulukumba berdasarkan petunjuk  cybercrime Polda Sulsel.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, Yusran  ditangkap sekira pukul 19.30 Wita, Sabtu (8/10/2016). Dia dibekuk di Warnet Ela-Ela Bulukumba.

Yusran Amkas saat diinterogasi di Mapolres Bulukumba, mengaku membajak akun facebook Kapolda selama lima jam. Ia meminta uang senilai Rp800 ribu ke 20 akun facebook yang berteman dengan akun Anton Charliyan.

“Dia minta ke akun facebook yang sedang online. Ini diretas sejak pukul 01.00 Wita (Sabtu 8 Oktober 2016) sampai pukul 06.00 Wita (Sabtu 8 Oktober 2016),” kata Kasat Reskrim Polres Bulukumba, AKP Hendrik.

Perbuatan Komar tersebut ternyata tidak digubris akun facebook yang dimintai uang melalui akun Anton Charliyan. Yusran sial tidak berhasil mendapat sepeser pun dari perbuatannya tersebut.

Untuk melancarkan aksinya, lanjut Hendrik, Komar menyertakan nomor rekening milik Ahmad Syaiful Saputra (20). Polisi juga mengamankan pemuda tersebut namun hanya sebagai saksi.

Didepan Polisi, Yusran mengaku tidak tahu bahwa akun yang dibajaknya adalah milik Kapolda Sulsel. Ia membobolnya begitu saja, setelah berhasil mendeteksi email facebook milik Anton Charliyan. Yusran diketahui adalah seorang pelaku residivis. Dia pernah juga terlibat kasus pelanggaran UU IT dan ditangkap polisi.

Yusran membajak akuna Kapolda sejak pukul 01.00 Wita sampai pukul 06.00 Wita, Sabtu (8/10/2016). Saat diketahui polisi, anggota Cyber Crime Ditkrimsus Polda Sulsel langsung berkoordinasi dengan Polres Bulukumba dan menangkap pelaku. Yusran kemudian dibawa ke Polda Sulsel untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan barang bukti ATM dan buku rekening bank. darna


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya