HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota Mau Bantu ji Korban Kebakaran Maccini Parang

11 October 2016 22:19
Walikota Mau Bantu ji Korban Kebakaran Maccini Parang
Danny Pomanto berdialog dengan korban kebakaran Maccini Parang
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Danny Pomanto berdialog dengan korban kebakaran Maccini Parang

Danny Pomanto berdialog dengan korban kebakaran Maccini Parang

BugisPos — Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengunjungi korban kebakaran di Jalan Kemajuan Raya RT 02/RW 04 kelurahan Maccini Parang, kecamatan Makassar, Selasa, 11 Oktober 2016.

Didampingi Kabag Humas Pemkot Makassar, Firman Hamid Pagarra, rombongan Walikota Danny tiba di lokasi sekitar Pukul 21.10 Wita. Di lokasi telah menanti Kepala Dinas Sosial kota Makassar Mukhtar Tahir, Camat Makassar Ruly, dan Lurah Maccini Parang Haris.

Selama berada di lokasi, Walikota Danny berbincang dengan warga korban kebakaran. Orang nomor satu Makassar itu menanyakan kondisi kesehatan dan respon aparat Pemerintah kota Makassar pasca terjadinya kebakaran.

“Hal yang paling penting adalah memastikan kondisi korban tertangani dengan baik. Tidak ada korban jiwa, dan luka berat. Posko kesehatan, dapur umum, dan posko bantuan dapat diakses warga dengan mudah,” jelas Danny.

Pemerintah kota berupaya semaksimal mungkin membantu korban keluar dari kesulitan yang dihadapi pasca kebakaran. Beberapa warga mengeluhkan surat – surat berharga yang ikut terbakar.

“Kita akan membantu yang berada dalam otoritas kita seperti ijazah sekolah, di luar itu akan kita kordinasikan dengan instansi terkait. Pemerintah kota tidak akan tinggal diam melihat warganya yang tertimpa musibah,” tegas Danny.

Selain mengunjungi rumah korban kebakaran, Walikota Danny juga mengecek Posko kesehatan, posko bantuan, dan dapur umum. Ia juga mengunjungi 38 warga yang mengungsi ke Masjid Nurullah yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran.

Ia memastikan seluruh SKPD terkait merespon dengan cepat kebutuhan warga yang menjadi korban kebakaran. Menurut Lurah Maccini Parang, sejumlah instansi terkait telah turun tangan membantu.

Semisal Dinas Sosial yang menurunkan 25 hingga 30 personel untuk melayani warga di dapur umum. Selama tiga hari terhitung sejak Selasa 11 Oktober hingga Kamis 13 Oktober 2016.

“BPBD juga telah memberikan bantuan berupa peralatan mandi, selimut, dan sarung. Sementara Dinas PU telah turun mendata, dalam satu atau dua hari akan menurunkan bantuannya,” terang Lurah Haris.

Satu hal yang menjadi catatan Walikota Danny, kesigapan aparatur pemerintah kota dan warga memberikan bantuannya bagi korban kebakaran.

Menurutnya, kekompakan yang ditunjukkan warga Makassar, kelompok pemuda beserta pemerintah kota akan membantu mempercepat proses pemulihan korban kebakaran dari dampak sosial dan ekonomi yang dialami pasca kebakaran.

Khusus bagi anak – anak korban kebakaran, lanjut Danny, pemerintah kota akan memberikan pendampingan psikologis pasca trauma yang dialami akibat kebakaran.

Walikota Danny yang juga ayah dari tiga puteri itu terkenang peristiwa serupa yang menimpanya bersama keluarga. Pengalaman itulah yang mendorongnya memberikan pendampingan psikologis bagi anak – anak korban kebakaran.

Diketahui kebakaran terjadi di Jalan Kemajuan Raya RT 02/RW 04 kelurahan Maccini Parang, kecamatan Makassar pada Senin, 10 Oktober 2016 kemarin sekitar Pukul 20.00 Wita.

Sebanyak 19 mobil pemadam kebakaran diturunkan memadamkan api yang melahap 11 rumah milik 19 kepala keluarga yang dihuni 75 orang dengan rincian laki – laki (34 orang), perempuan (35 orang), balita laki – laki, dan perempuan masing – masing tiga orang.

Selama hampir dua jam, petugas pemadam kebakaran dibantu warga berjuang memadamkan api. Dari kebakaran yang terjadi ditaksir kerugian materil mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah yang berasal dari bangunan rumah, barang elektronik, dan dua unit sepeda motor yang ikut terbakar dilahap si jago merah. darna


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya