HTTP Status[404] Errno [0]

Makassar Pilot Project e Voucher Bantuan Raskin

14 October 2016 00:29
Makassar Pilot Project e Voucher Bantuan Raskin
illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Makassar di bawah kepemimpinan Walikota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto kembali dipercaya menjadi pilot project program nasional.

Kali ini, Makassar menjadi pilot project e – voucher bantuan pangan yang merupakan bagian dari reformasi penyaluran raskin (beras miskin) di tingkat kota Makassar.

Agar program itu berjalan sukses, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) menggelar Sosialisasi Reformasi Penyaluran Raskin Menjadi E – Voucher Bantuan Pangan Tingkat Kota Makassar Tahun 2016 di Makassar Golden Hotel, Kamis 13 Oktober 2016.

Sebagai pilot project, pemerintah kota Makassar bersiap mengubah program pemberian raskin menjadi voucher pangan yang akan disampaikan langsung kepada rumah tangga sasaran.

Secara nasional, program ini akan diuji coba pada awal 2017 di 44 kota se – Indonesia dan Makassar menjadi pilot project berlakunya program tersebut.

Uji coba program e – voucher bantuan pangan menyusul arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas di Kantor Presiden yang digelar Juli 2016 lalu.

Spirit pemberlakuan e – voucher bantuan pangan didasarkan pada kajian mendalam, salah satunya hasil temuan KPK pada 4 April 2014 yang menemukan beberapa kelemahan dalam penyaluran raskin diantaranya tidak tepat sasaran, jumlah, waktu, kualitas, harga, dan administrasi sehingga sistemnya harus didesain ulang.

Penggunaan voucher pangan memungkinkan masyarakat pra sejahtera memiliki lebih banyak pilihan saat membeli sembako di pasar atau toko dengan kualitas lebih baik.

Selain itu, voucher pangan memungkinkan masyarakat memperoleh nutrisi lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat namun juga protein.

Voucher ini dapat digunakan untuk mendapatkan beras, telur atau bahan pokok lainnya di pasar, warung, dan toko sesuai harga yang berlaku.

“Kota Makassar sebagai salah satu kota pilot project program ini perlu merespon dengan cepat melalui sosialisasi agar tidak timbul kesalahan persepsi mengenai program ini, baik nantinya secara teknis penyaluran, peran, dan fungsi maupun keterkaitan data,” beber Kepala BPM Makassar, Andi Muhammad Yasir.

Peserta sosialisasi berjumlah 300 orang yang berasal dari kecamatan, kelurahan, dan ORW se – kota Makassar. Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menuturkan program raskin salah satu program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang dirancang untuk mendukung ketahanan pangan dan bersifat lintas sektoral.

Program raskin juga menjadi salah satu komponen kebijakan penanggulangan kemiskinan. Melalui program ini diharapkan tercipta lingkungan yang kondusif bagi peningkatan pendapatan dan ketahanan pangan untuk keluarga pra sejahtera serta menciptakan efektifitas pelayanan sosial dasar bagi keluarga pra sejahtera.

“E – Voucher didesain untuk memudahkan pemerintah mengontrol penyaluran bantuan bahan pangan dan meningkatkan ketepatan kelompok sasaran,” ujar Wali Kota Danny.

Ia menambahkan jika e – voucher juga dapat mendorong usaha eceran masyarakat menjadi agen penyalur. darna


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya