HTTP Status[404] Errno [0]

Polda Sulsel Bersih-bersih “Polisi Pungli”

15 October 2016 01:10
Polda Sulsel Bersih-bersih “Polisi Pungli”
Kombes Pol Frans Barung Mangera
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan gencar melakukan pembersihan praktek-praktek dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh oknum-oknum pada sejumlah tempat layanan masyarakat.
“Sudah beberapa bulan lalu kita melakukan bersih-bersih dari oknum-oknum yang suka praktek pungli dan itu dipimpin langsung Pak Irwasda,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Frans Barung Mangera di Makassar, Jumat 14/10/16

Dia mengungkapkan jika sejak awal Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Anton Charliyan menjabat, langsung meluncurkan pelayanan terpadu demi peningkatan layanan publik sebagai zona bebas percaloan dan pungutan liar.

Bahkan pada saat itu, Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, penerapan pelayanan terpadu bebas percaloan dan pungutan liar akan diawasi langsung oleh masyarakat serta dirinya.

Ia pun meminta peran serta dan keaktifan para media massa agar senantiasa mengawasinya dan melaporkannya langsung kepada dirinya tanpa harus takut karena rahasia pelapor akan disembunyikan.

“Tapi harus disertai bukti-bukti, jangan menuduh. Kalau ada buktinya laporkan dan pasti akan diambil tindakan tegas. Mengenai identitas pelapor pasti kita lindungilah,” katanya.

Selain itu, pihaknya akan membuat pelaporan khusus apabila masyarakat menemukan praktik pungutan liar (pungli) dan percaloan di tubuh Polri, di manapun itu kejadiannya.

Sementara itu, Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan pernah melakukan pemeriksaan terhadap 11 oknum anggota polisi yang diduga terkait pelanggaran kode etik dengan menerima pungutan liar.

“Ada 11 oknum anggota Polisi Lalu Lintas yang pernah diperiksa. Semuanya ini terjaring Operasi Bersih Polri yang dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol Herman Hamid,” ungkapnya.

Ia menyebutkan 11 oknum anggota polisi lalu lintas yang sekarang diperiksa di Mapolda Sulsel itu berasal dari beberapa daerah berdasarkan hasil operasi bersih yang dilakukan pimpinan selama beberapa pekan terakhir ini.

Apalagi Operasi Bersih Polri itu sudah dicanangkan sejak awal Kapolda Sulsel Inspektur Jenderal Anton Charliyan menjabat dengan menyasar para oknum polisi yang memanfaatkan status dan jabatannya sebagai abdi negara.

“Pak Kapolda sangat perhatian terhadap perilaku anggotanya, apalagi dengan program Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang ingin mereformasi mental para anggotanya,” katanya.

Saat ini, Kapolri Jendral Tito Karnavian sedang gencar-gencarnya untuk membangun institusi Polri yang bebas dari praktek pungli dan mengembalikan citra polisi yang bersih. ant


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya