HTTP Status[404] Errno [0]

Kegiatan KOMBES di TPA Dinilai Ganggu Penilaian ADIPURA

22 October 2016 08:39
Kegiatan KOMBES di TPA Dinilai Ganggu Penilaian ADIPURA
Suasana persiapan Tanam 101 Pohon Kombes kerjasama Dinas Pertamanan Kota Makassar, Sabtu 22/10/2016
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Suasana persiapan Tanam 101 Pohon Kombes kerjasama Dinas Pertamanan Kota Makassar, Sabtu 22/10/2016

Suasana persiapan Tanam 101 Pohon Kombes kerjasama Dinas Pertamanan Kota Makassar, Sabtu 22/10/2016

BugisPos – Rencana KOMBES Makassar kerjasama dengan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makassar melaksanakan kegiatan Tanam 1001 Pohon di TPA Tamangapa pada Senin pagi 24/10/2016, ternyata mendapat tanggapan kontroversial dari pihak Tim Pro PP MTR Kota Makassar.

Ir.Juliani Djafar dari Tim Pro yang dikonfirmasi BugisPos mengakui pihak KOMBES tak melakukan koordinasi dengan Tim Pro, padahal perintah Walikota Danny Pomanto pada rapat koordinasi di Jl.Amirullah Sabtu dua pekan lalu menegaskan, bahwa seluruh kegiatan ormas kebersihan di kota Makassar harus dibawah koordinasi Tim Pro.

Juliani menyesalkan, sebab pada momen kegiatan tanam pohon di TPA itu nanti akan mengganggu kegiatan Tim Penilai Adipura yang juga turun pada hari Senin 24/10/2016, apalagi bila kegiatan tanam pohon ini juga melibatkan siswa. Siswa itu harus belajar di sekolah apalagi pada saat sekolah mereka didatangi tim Penilai Adipura.

Kadis Pendidikan Kota Makassar Drs.Ismunandar yang dikonfirmasi BugisPos perihal permintaan sejumlah siswa untuk dilibatkan menanam pohon di TPA tersebut, menyatakan harusnya ada rapat bersama dengan pihak Dinas Pertamanan dan KOMBES bila mau melibatkan siswa, supaya Diknas dapat memberi pertimbangan soal plus mines bila ada kegiatan yang melibatkan siswa. Sebab siswa ini kewajibannya belajar di sekolah. Namun demikian, karena ini adalah permintaan ya tentunya akan dipenuhi.

Ketua Tim Pro DR.Mukhtar Tahir kepada BugisPos mengatakan, dalam konteks penilaian Adipura di TPA sudah punya standar. Jadi bukan sekadar kita datang tanam pohon. Perlu diketahui bahwa di TPA Tamangapa belum disiapkan lokasi penanaman pohon sesuai yang dipersyaratkan. Yang diperlukan di TPA sekarang ialah perhatian terhadap air yang masuk ke selokan, tempat permentasi organik, kopersai berupa pembungkius sampah, dan drainase pembuangan air.

Jadi mestinya siapapun itu, apa itu KOMBES ataukah Dinas Pertamanan dan Kebersihan harusnya berkoordinasi dulu dengan Tim Pro sebelum melakukan kegiatan di lokasinya di TPA, karena ini erat kaitannya dengan penilaian Adipura.

Capek Menunggu Tim Pro

Asisten II Pemkot Makassar yang juga Plt Dinas Pertamanan Drs.H.A.Gani Sirman kepada BugisPos mengatakan, pihaknya justeru capek menunggu langkah Tim Pro sesuai hasil rapat sebelumnya. Maka karena tak ada tanda-tanda Tim Pro turun ke TPA maka dia menerima saja ajakan kerjasama KOMBES melakukan tanam pohon.

Soal permintaan siswa ke Diknas untuk tanam pohon, hal itu kalau Diknas bersedia melibatkan siswanya ya terima kasih. Kalau Diknas menolak itu juga tidak apa-apa, tegas Gani.

Gani Sirman mengungkapkan, TPA ini disiapkan oleh Dinas Pertamanan dan Kebersihan sebagai areal buang sampah sesuai pragram Pemkot. Soal bau yang timbul karena sampah itu tugasnya Dinas Kesehatan, Soal sumur pembuangan limbah itu tugasnya BLHD. Soal ternak yang banyak mengganggu di TPA itu tugas Camat Manggala dan Dinas Peternakan.

Yang disesalkan Gani, ialah mengapa Tim Pro tidak secepatnya menindaklanjuti pelaksanaan pembagian tugas itu tadi. Dan karena itulah pihaknya jalan saja tanpa banyak berteori, apalagi ada KOMBES yang siap menjadi mitra Dinas Pertamanan dan Kebersihan melakukan kegiatan positif di TPA Tamangapa.

“Dalam membantu Walikota melaksanakan program saya tidak terbiasa terlalu banyak berteori, tetapi lebih memilih secepatnya bekerja” tegas mantan Camat Manggala ini (one)

Â

Â


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya