HTTP Status[404] Errno [0]

UIN Jakarta Studi Banding ke PTN BH Unhas

08 November 2016 22:20
UIN Jakarta Studi Banding ke PTN BH Unhas
illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Satu tim kecil dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (8/11) melakukan studi banding ke Universitas Hasanuddin guna memperoleh informasi mengenai penyiapan suatu universitas menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Tim yang terdiri atas Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Prof.Dr.Ahmad Thib Raya, M.A. dan Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) UIN Prof.Askal Salim, M.Ag, Ph.D. tersebut diterima langsung Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. di ruang kerjanya, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas. Ketika menerima tamunya, Rektor didampingi Wakil Rektor II Prof.Dr.Syamsul Bachri, S.H., M.S., Wakil Rektor IV Prof.dr.Budu, Sp. M (K), Ph.D., Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) Prof.Dr. Andi Pangerang Moenta, S.H,.M.H, dan Sekretaris Senat Akademik Prof.Dr.Ir.Moh.Restu.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu, Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu menekankan, mengacu kepada pengalaman Unhas yang sangat penting dipersiapkan, adalah bagaimana menciptakan ‘’mindset’’ (sikap) di lingkungam internal kampus. Pasalnya, bisa saja warga kampus dipengaruhi pandangan yang justru berpotensi kurang baik terhadap pembentukan PTN BH.

‘’Biasanya yang selalu jadi permasalahan bahwa dengan PTN BH, Unhas akan terjebak pada komersialisasi pendidikan,’’ kata Dwia Aries Tina Pulubuh, kemudian menambahkan, tanpa PTN BH pun kalau mau komersialisasi pendidikan bisa, tetapi itu tidak mungkin dilakukan. Unhas sebagai PTN BH bertujuan bagaimana lembaga pendidikan ini independen dalam mengelola pendidikan dan kegiatan penunjang lainnya.

Menurut Dwia, diperlukan kerja keras dan pertemuan yang terus menerus untuk menciptakan kesepahaman dalam melahirkan PTN BH. Dia juga menjelaskan, setelah menjadi PTN BH, beberapa perguruan tinggi lainnya pernah bertandang ke Unhas, di antaranya Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Negeri Malang (UM).

Prof.Ahmad Thib Raya yang pernah selama tujuh bulan memangku jabatan sebagai Pgs Rektor UIN Alauddin Makassar tahun 2015 menjelaskan, Rektor UIN Jakarta menargetkan, sebelum berakhir masa jabatannya pada tahun 2018, UIN Jakarta sudah berstatus PTN BH.

‘’Makanya kami ini dikirim ke berbagai perguruan tinggi yang sudah PTN BH untuk ‘berguru’, saya dan Prof. Askal yang pulang kampus, ke Makassar,’’ kelakar Thib Raya sambil mengharapkan kepada Unhas agar bersedia mengawal proses perubahan UIN Jakarta sebagai PTN BH. (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya