HTTP Status[404] Errno [0]

Diharapkan Pelantikan Pejabat Pemkot Nanti di Lorong Kecamatan Rappocini

13 November 2016 10:51
Diharapkan Pelantikan Pejabat Pemkot Nanti di Lorong Kecamatan Rappocini
Lorong Garden Salah satu lorong di Jl Toddopuli, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Lorong Garden Salah satu lorong di Jl Toddopuli, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini.

Lorong Garden Salah satu lorong di Jl Toddopuli, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini.

BugisPos — Walikota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto (DP) saat ini tengah merancang lokasi pelantikan seluruh pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. DP sapaan akrabnya mengaku memilih lokasi pelantikan di lorong-lorong karena memiliki filosofi landasan berpikirnya dalam memimpin dan mengembangkan kota ini. Dimana, rencana pelantikan seluruh pejabat lingkup Pemkot Makassar secara serentak digelar, 23 Desember nantinya. “Kenapa mesti lorong, karena inti atau sel kota ini berada di lorong. Banyak program yang lahir dan sasarannya ke lorong,” katanya Kamis 10/11/16

Namun, pemimpin berlatar belakang konsultan tata ruang ini belum bisa memastikan lokasi tepatnya. Hanya saja, lorong-lorong yang direncanakan ada dua kategori. Pertama lorong yang telah bertumbuh kembang menjadi lorong garden (longgar), kemudian yang ke dua adalah lorong yang padat penduduk. “Kita pertimbangkan dan pikir-pikir dulu mana paling tepat,” kata DP.

Dia menjelaskan, longgar sebagai salah satu alternatif lokasi pelantikan merupakan bentuk pendekatan rasional kepada seluruh pejabat, bahwa, lorong Makassar perlu menjadi perhatian penuh untuk dikembangkan. Apalagi, program Badan Usaha Lorong (BULo) akan dicanangkan di tahun 2017 akan datang. Sementara, lorong padat penduduk, katanya, bagian dari pendekatan kepada masyarakat untuk pengoptimalisasian pelayan publik. “Dua karakter lorong dan masyarakat ini beda, tetapi sama, sangat penting,” jelas dia. Lebih lanjut, DP menyatakan, lahirnya seorang pemimpin seperti dirinya itu berasal dari lorong, kata dia, anak lorong’na Makassar.

Sehingga, seluruh pejabat Pemkot Makassar diharap mampu memahami seluruh persoalan yang ada di lorong. Dan juga harus dekat dengan masyarakat. “Seluruh lokasi pelantikan tentunya memiliki filosofi, kemarin kepala sekolah di TPA, pergantian pejabat pertam di Paotere, kedua di lokasi pemakaman, dan kepala bidang, seksi itu halaman lembaga pemasyarakatan,” tandas DP.

Untuk diketahui, saat ini orang nomor satu di Makassar tersebut telah mengantongi seluruh nama pejabat yang akan dimutasi atau berganti. Itu diluar dari proses lelang jabatan yang sementara berlangsung di sebelas jabatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Danny mengatakan, persentase pergantian kepala SKPD itu mencapai 20%, sementara jabatan lurah sekira 40%. Terpisah, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Makassar, Basri Rachman mengaku, jika hasil uji kompetensi atau assesment 65 pejabat yang telah mengikuti lelang jabatan akan diperolehnya pekan depan.

“Kita sudah koordinasi dengan BKN, katanya hasilnya diserahkan pekan depan,” singkatnya. Usai penyerahan hasil assessment tersebut maka akan dilanjutkan dengan proses pendalaman oleh panitia seleksi (pansel) yang jadwal pelaksanaannya belum ditentukan.

Usdar Nawawi ketua 1 BabeRong mengatakan, bila Walikota ingin melantik pejabatnya nanti, maka sebaiknya dipilih lorong yang ada di kecajatan Rappocini, sejalan dengan program Tim Pro yang menjadikan kecamatan Rappocini sebagai pilot projek pengembangan BULO (adv)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya