HTTP Status[404] Errno [0]

Damkar itu Dilelang Lewat e-Katalog, Keliru Bila Dituding Korupsi

14 November 2016 21:38
Damkar itu Dilelang Lewat e-Katalog, Keliru Bila Dituding Korupsi
Drs.Imran Samad
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Kadis Pemadam Kebajaran kota Makassar Drs.Imran Samad membantah bila pengadaan 28 mobil pemadam kebakaran (Damkar) terindikasi korupsi.

Imran Samad via telepon kepada BugisPos mengatakan, pengadaan 28 mobil Damkar ini bukan dilelang secara manual, tetapi dilelang melalui e-Katalog. Harganya sudah ditentukan melalui e-Katalog sehingga Dinas damkar Makassar sisa memilih spesifikasinya. Dan dalam memilih juga melalui Lembaga Kebijakan Barang dan Jasa (LKBP) pusat. Itupun setiap mobil Damkar yang dibeli digaransi dua tahun lamanya. Artinya, bila dalam dua tahun itu ada kerusakan maka akan ditanggung pihak pabrik yang dalam hal ini adalah perusahaan HINO.

Imran Samad yang datang ke Kejati Sulsel Senin pagi 14/11/16 melakukan klarifikasi atas tudingan ini mengatakan, pihak HINO saja menyatakan heran bila produknya cepat rusak. Sebab produknya ini memiliki standar produk level internasional.

Sebelumnya, ramai diberitakan di media bahwa mobil Damkar Makassar tersebut beraroma korupsi atas laporan sebuah LSM ke Kejati Sulsel. Kasi Penkum Kejati Sulselbar Salahuddin mengatakan, kasus tersebut terjadi tahun 2015 lalu, dimana ada pengadaan mobil Damkar sebanyak 28 unit mobil.

“Dalam kurun waktu satu tahun, mobil ini ditengarai lebih banyak masuk di bengkel rusak, lalu dilakukan perbaikan oleh Pemkot Makassar. Dari pihak yang memberikan data melakukan investigasi, besar kemungkinan mobil itu ada dugaan dilakukan pergantian onderdil pada saat dibeli, atau ada pemakaian onderdil yang tidak asli pada saat dilakukan serah terima di Pemkot,” paparnya kepada sejumlah wartawan yang mengkonfirmasinya di kantor Kejati Sulselbar, Senin 14 November 2016.

Berdasarkan hasil investigasi itulah, pihaknya menindaklanjuti dengan membentuk tim untuk mengumpulkan data, apakah benar ada indikasi korupsi saat pengadaan Damkar atau tidak. darna


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya