HTTP Status[404] Errno [0]

Kekurahan Bonto Makkio Terapkan Zero Sampah

19 November 2016 00:21
Kekurahan Bonto Makkio Terapkan Zero Sampah
Hamri Haiya
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Â Demi mendukung Makassar bebas sampah, Kelurahan Bonto Makkio, Kecamatan Rappocini merapakan program “zero” sampah.

Lurah Bonto Makkio Fandy Wiranto mengatakan zero sampah sudah diterapkan di RW 6 sejak tiga bulan terakhir ini. Diketahui di wilayah ini memiliki tiga Rukun Tetangga (RT) yang terdiri 88 Kepala Keluarga (KK).

Sampah organic diolah jadi pupuk dan sampah non organic dikirim ke bank sampah yang bernilai ekonomis.

“Kita bisa mengurangi sampah yang terbuang sekitar 80 persen, sisanya 20 persen yang tidak bisa di daur ulang seperti kantong kresek, pembalut, yang kita kirim ke TPA (tempat pembuangan akhir),” kata Fandy Rabu (16/11).

Di RW 6 tepatnya di Jalan Bonto Dg Ngi Rate ada mesin pengolahan sampah yang dijadikan pupuk.

“Mesinnya dari Kecamatan Rappocini. Hasil pupuknya untuk tanaman tanaman yang ada di lorong, sekaligus untuk menunjang Bulo (badan usaha lorong),” ujarnya.

Lebih lanjut, Lurah Bonto Makkio mengatakan zero sampah akan dimaksimalkan seluruh RW di wilayanya. Â Dimana di Kelurahan Bonto Makkio ada 6 RW, 26 RT yang terdiri sekitar 7.468 penduduk dengan luas wilayah sekitar 24 hektar.

“Khusus untuk pupuk kita kemas sendiri pakai alat mesin. Lalu pupuknya dibagikan ke setiap lorong,” sambungnya.

Sementara Camat Rappocini Hamri Haiya mengapresiasi zero sampah di Kelurahan Bonto Makkio. Konsep zero sampah kata dia bukan berarti tidak ada sampah sama sekali.

“Zero disini bukan berarti nol sampah, karena ada sampah yang memang tidak bisa diolah. Itulah yang dibuang ke TPA,” kata Hamri.

Lebih lanjut dia menargetkan setelah tingkat RW, zero sampah diterapkan di kelurahan hingga kecamatan.

“Insya Allah kita targetnya seperti itu,” sambung dia,” ujar mantan Camat Mariso. (Rilis)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya