HTTP Status[404] Errno [0]

Wadadda, Ongkos Pilkada Sulsel Diusul Rp470 Miliar

28 November 2016 01:10
Wadadda, Ongkos Pilkada Sulsel Diusul Rp470 Miliar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

3BugisPos — Â Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provisi Sulawesi Selatan menyebutkan persiapan untuk anggaran hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur/ Wakil Gubernur dan Bupati/ Wali Kota pada 2018 mencapai Rp470 miliar.
“Anggaran yang sebelumnya diusulkan di awal Rp637 miliar kemudian rasionalisasi hingga turun Rp470 miliar pada proses Pilkada serentak di Sulsel nanti” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat KPUD Sulsel Asrar Marlang di Makassar, Selasa 22/11/16

Menurut dia, penurunan anggaran tersebut setelah dihitung bersamaan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 12 kabupaten kota termasuk Pilgub dilaksanakan 2018 mendatang.

Sehingga anggaran total itu setelah diakumulasi mencapai Rp 470 miliar. Selain itu, anggaran itu masih akan dibicarakan di tingkat Pemerintah Provinsi maupun DPRD Sulsel untuk dibahas.

“Kami berkomitmen untuk memangkas anggaran Pilkada, datanya sudah kami serahkan ke Pemprov dan DPRD Sulsel untuk segera dibahas. Kami masih menunggu jadwal rapat,” paparnya.

Meski demikian besarnya anggaran itu karena erstimasi anggaran dana hibah KPUD provinsi maupun kabupaten kota telah melakukan sharing anggaran.

Salah satunya, lanjut dia, pada honorarium penyelenggara pemilu yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Penungutan Suara (PPS) di kelurahan.

“Anggaran ini dinilai wajar karena ditanggung penyelanggara seperti alat peraga kampanye Pasangan Calon baik dari Partai Politik serta Perseorangan, atau independen. Diestimasikan empat pasangan calon,” sebut Asrar.

Mengenai dengan kapan waktu tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 12 kabupaten kota dan provinsi, kata dia, dijadwalkan berjalan pada Juni 2017 nanti.

Sebelumnya, anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel pada 2013 lalu mencapai Rp350 miliar kemudian mengalami pembengkak pada Pilgub 2018 mencapai Rp673 miliar lalu dikurangi Rp230 miliar hingga menjadi Rp470 miliar. ant


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya