HTTP Status[404] Errno [0]

Matemija, Kanwil DJP Sulselbarata Ancam Sandera Wajib Pajak di Makassar

06 December 2016 06:40
Matemija, Kanwil DJP Sulselbarata Ancam Sandera Wajib Pajak di Makassar
Aris Bamba
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Jika tidak ada aral melintang bulan Desember ini, Kantor Wilayah Ditjen Pajak (DJP) Sulawesi,Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra) berrencana bakal menyandera salah seorang wajib pajak di Kota Makassar yang identitasnya masih dirahasiakan.

Informasi bakal adanya wajib pajak di kota Makassar yang bakal disandera itu disampaikan Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sulselbartra Aris Bamba Kepada Bugispos online di ruang kerjanya Senin (5/12). “Bulan ini juga, kami bakal menyandera satu wajib pajak di Kota Makassar,” ujarnya.

Mantan Kepala KPP Pratama Pare-Pare yang dekat dengan kalangan wartawan ini menegaskan jika langkah penyanderaan yang akan di ambil pihaknya karena wajib pajak bersangkutan tidak juga mau membayar tunggakan pajaknya serta tidak juga mau memamfaatkan program Tax Amnesty (pengampunan pajak) sehingga menurutnya perlu dilakukan penegakan hukum untuk memberi efek jera.

Namun begitu Aris menegaskan jika sekalipun ada program Tax Amnesty tetapi tidak menghalangi pihaknya melakukan penegakan hukum, namun ia tidak menampik bagi wajib pajak yang masih sebatas  diperiksa, bisa saja di hentikan proses pemeriksaannya, sepanjang wajib pajak mengikuti program Tax Amnesty serta bersedia membayar pajak berdasarkan potensi yang diidentifikasi piahknya.

Sejauh ini, pihak Kanwil DJP Sulselbartra terus memantapkan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) yang menjadi tempat wajib pajak bakal di sandera. Penyanderaan ini sendiri menurut Aris adalah penyanderaan pertama kalinya yang dilakukan pihaknya, seraya berharap kepada semua wajib pajak agar dapat makin jujur dan patuh sehingga terhindar dari upaya-upaya paksa yang sewaktu-waktu dapat saja menjerat sesuai dengan instrumen hukum pajak yang berlaku. (Thahir Rahman)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya