HTTP Status[404] Errno [0]

Era Baru, Petepete Smart Makassar Diluncurkan

12 December 2016 00:02
Era Baru, Petepete Smart Makassar Diluncurkan
Walikota Danny Pomanto memperlihatkan inovasinya, moda transportasi bara masa depan di Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Walikota Danny Pomanto memperlihatkan inovasinya, moda transportasi bara masa depan di Makassar

Walikota Danny Pomanto memperlihatkan inovasinya, moda transportasi bara masa depan di Makassar

BugisPos — Â Alat transportasi umum perkotaan yang di Makassar disebut dengan Petepete, memang harus diakui sudah mulai ketinggalan zaman. Dengan tingkat kemaajuan Makassar pulus kemajuan teknologinya, Walikota Danny Pomanto berfikir lalu melahirkan satu ide tentang moda transportasi baru yang lebih maju. Danny pun merancang sebuah bentuk Petepete baru yang dinamai Petepete Smart.

Danny Pomanto memperkenalkan Pete-pete Smart ini saat menghadiri Seminar Nasional dan Pameran Arsitektur Kota 2016 di Makassar, Jumat (9/12).

“Pete-pete smart menjadi transportasi publik untuk masa depan dan ini adalah salah satu solusi moda.

Dia mengatakan, Petepete Smart diagendakan diluncurkan pada 12 Desember 2016 bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Di hadapan para arsitektur itu, walikota mengaku jika petepete yang selama ini mengaspal di jalan-jalan Makassar berbeda dengan Pete-pete Smart. Menurut dia, konsep pete-pete smart lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan energi surya selain bahan bakar premium sebagai sumber energinya.

“Petepete smart ini didesain menampung 16 penumpang yang dapat duduk ataupun berdiri dan dilengkapi fasilitas wifi, dan ac bagi penumpangnya,” katanya. Selain memperkenalkan petepete smart, pemegang sertifikasi tertinggi bidang Arsitektur itu juga memperkenalkan sejumlah program Pemkot Makassar.

Tanggapan Organda

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Makassar Sainal Abidin mengatakan, rencana Pemkot menghadirkan angkutan kota (Angkot) “petepete smart` harus merangkul para pihak (stakeholder).

“Angkot baru dengan segala fasilitasnya untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada penggunanya, tentu menjadi harapan semua orang. Namun juga harus mempertimbangkan Angkot yang sudah beroperasi sebelumnya,” kata Sainal di Makassar, Rabu 23/11/16

Menurut dia, kebijakan Pemkot Makassar untuk menghadirkan angkot yang berbeda dengan angkot yang sudah ada, selain mempertimbangan pengguna, juga penting mempertimbangkan keberadaan para sopir angkot, pemilik kendaraan dan pengusaha angkutan di kota ini.

Hal itu mencermati dari hasil survei Fokus Discussion Group (FGD) yang digelar lembaga dunia United Nation Development Programme (UNDP) bekerja sama dengan UN Pulse Lab dan Dinas Perhubungan Kota Makassar terkait Perancangan Inovasi Publik untuk mencari solusi transportasi yang dicintai warga Makassar. Dari hasil survei terbatas yang dilakukan di lapangan diketahui, sejumlah sopir angkot menolak jika Pemkot mendatangkan angkutan baru.

“Namun apabila dapat merangkul para sopir dan pemilik kendaraan untuk memodifikasi angkot yang selama ini dipakai menjadi angkot yang `smart`, mereka tidak keberatan,” katanya.

Berdasarkan telaah anggaran diketahui perbandingan jika pengadaan angkutan baru (petepete smart) dibutuhkan dana Rp250 juta – Rp300 juta per unit. Sementara jika memodifikasi angkot yang beroperasi saat ini menjadi petepete smart dibutuhkan dana sekitar Rp150 juta per unit.

Sebelumnya, Plt Kadis Perhubungan Kota Makassar Mario Said mengatakan, modifikasi angkot lama memang relatif lebih murah dibandingkan pengadaan baru. Namun untuk bengkel “carosery” diakui belum ada di sekitar Kota Makassar.

“Itu artinya harus dikirim dulu ke luar, tentu ada pertimbangan ongkos pengirimannya yang perlu dipikirkan,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Organda mengatakan untuk bengkel yang dapat menambah pernak-pernik dan fasilitas lainnya sebenarnya sudah banyak di Makassar, tinggal butuh model saja sebagai percontohan.

Pemkot Makassar menjadwalkan akan mendatangkan satu unit `pete-pete smart` pada Desember 2016. Satu model inilah yang akan diperkenalkan pada warga Kota Makassar. darna


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya