HTTP Status[404] Errno [0]

Home Care Makassar Bikin Takjub Kementerian

15 January 2017 00:00
Home Care Makassar Bikin Takjub Kementerian
Walikota Danny Pomanto memaparkan program Home Care Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Walikota Danny Pomanto memaparkan program Home Care Makassar

Walikota Danny Pomanto memaparkan program Home Care Makassar

BugisPos – Nyaris boleh dikatakan bahwa di Makassar kini tak ada hari tanpa inovasi. Walikota Danny Pomanto yang telah mendapatkan beberapa penghargaan terkait ide-ide dan inovasinya dalam membangun kota Makassar. Banyak inovasi yang dimunculkan Danny dan selalu mengejutkan.

Salah satu inovasi Danny Pomanto yang bikin takjub pihak Kementerian PPN/Bappenas ialah soal ide Home Care. Inovasi unggulan kota Makassar ini dipaparkan Danny saat menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada Seminar Nasional Pembangunan Inovatif, Pemimpin Kreatif dan Daerah Kompetitif yang diselenggarakan oleh kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Australian Government dan Knowledge Sector Initiative yang dibuka oleh Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).

Inovasi layanan kesehatan homecare Danny sapaan Ramdhan Pomanto ini merupakan program Pemkot Makassar yang telah meraih top inovasi nasional. Ia adalah layanan kesehatan ke rumah selama 24 jam yang akan menjadi percontohan secara nasional.

“Alhamdulillah Makassar saat ini memiliki sejumlah inovasi yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Kota Makassar dan juga menjadi percontohan secara nasional,” paparnya. Menurutnya, Terdapat 48 unit mobil berukuran kecil yang dinamai dottoro’ta (dokter kita) siap mendatangi rumah-rumah warga yang membutuhkan pertolongan medis dengan hanya menghubungi layanan call centre 112.

Danny juga menjelaskan setiap mobil tersebut dilengkapi peralatan canggih dengan sistem telemedicine yang dapat terhubung langsung dengan dokter spesialis. Kemudian dokter spesialis melakukan diagnosa penyakit pasien. Kurang dari 10 menit diagnosa doktor spesialis dari jauh langsung bisa diterima petugas yang terdiri dari satu dokter umum dan dua perawat yang menangani pasien di rumah. Selain itu kata Danny, untuk keperluan pengecekan penyakit jantung serta mendiagnosa kondisi kehamilan juga mobil dottoro’ta telah dilengkapi fasilitas EKG dan USG berteknologi tinggi.

Ia juga akan berfungsi ambulance dalam kondisi tertentu. “Layanan kesehatan ini gratis untuk warga Makassar. Saat ini telah ada hampir 5000 warga yang terlayani. Nantinya Kementerian Kesehatan akan mencontoh program kami,” pungkasnya. Humas


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya