HTTP Status[404] Errno [0]

Perwali RT/RW Sesuaimi Permendagri Bro

17 January 2017 09:50
Perwali RT/RW Sesuaimi Permendagri Bro
Danny Pomanto
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Uji publik Perwali tentang RT/RW memangtong menarik minat publik di Makassar. Inimi Perwali Pertama yang diuji publik di kota Makassar.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Pemkot Makassar, Umar, menyatakan, Perwali 72/2016 khususnya pasal 15-16 sudah sesuai dengan amanah Permendagri 5/2007.

Umar menyatakan, pasal tersebut yang mengatur persyaratan calon ketua RT/RW tidak berasal dari pengurus Parpol telah sesuai aturan tentang Pedoman Penataan Lembaga Pemasyarakatan. Itu diatur pada pasal 20 ayat 2.

“Uji perwali juga sesuai dengan amanat konstitusi yang mengatur kebebasan berpendapat bagi setiap warga negara,” jelasnya.

Sementara, Walikota Makassar, Danny Pomanto atau dikenal dengan sebutan DP menegaskan, perwali tersebut hanya bisa dirubah oleh walikota karena memang menjadi hak prerogeratif kepala daerah. “Siapapun tidak bisa merubah perwali, hanya wali kota yang bisa merubah,” tegasnya.

Akan tetapi, pada agenda uji eksistensi ini, DP tetap memberikan ruang diskusi hingga perdebatan kepada seluruh peserta, utamanya kepada anggota DPRD Makassar. “Kita buka ruang diskusi menguji materi perwali. Kalaupun ada masukan, kita akan sempurnakan. Kayaknya hanya penambahan pasal atau tata tertib saja,” kuncinya (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya