HTTP Status[404] Errno [0]

Camat Rappocini: Angkut mi Rongg

19 January 2017 06:31
Camat Rappocini: Angkut mi Rongg
Angkut mi rong sampayya cika
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Tak sia-sia Walikota Danny Pomanto melantik Hamri Haiyya sebagai Camat Inovatif 2016 di kota Makassar. Faktanya, kecamatan Rappocini inakhodai Hamri mengeluarkan inovasi baru untuk menangani sampah. Program tersebut dinamakan ‘Angkutmi Rong’ (Angkutan Pemilihan Lorong).

Sebelumnya sudah ada program terkait penanganan sampah, namun masih terhitung sulit dilakukan untuk semua warga karena sampah yang ingin ditukarkan ke bank sampah harus diantar sendiri. Pasalnya terkendala karena tidak semua warga memiliki kendaraan pribadi.

Hal itulah yang mendasari program tersebut dirilis oleh Kecamatan Rappocini yang dipimpin Hamri Haiya. Program ini diintegrasikan ke 11 kelurahan wilayah Kecamatan Rappocini. Terkait jadwal mekanisme penjemputannya yaitu warga tinggal memanggil pihak bank sampah ataupun call center kelurahan/kecamatan setempat. Seperti yang diutarakan oleh Lurah Rappocini saat diwawancarai oleh Liputanutama.com via WhatsApp, Sabtu (14/01) malam.

“Mekanisme awalnya itu kita sesuaikan dengan jadwal penimbangan bank sampah atau bisa melalui via telpon atau call center kelurahan,” kata Lurah Rappocini Firman A. Ijo.

Program tersebut diharapkan bisa membangkitkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang tempat karena sampah yang sudah dipilah untuk ditukarkan ke bank sampah yang bernilai ekonomis.

“Supaya sampah warga yang biasanya langsung mereka buang itu bisa mereka pilah untuk mereka jual,” tuturnya.

Untuk hari ini lanjut lurah yang baru dilantik 29 Desember 2016 di Anjungan Pantai Losari itu mengatakan Bank Sampah Unit Sampoe Kel. Rappocini Kec. Rappocini menjemput langsung pemilihan sampah nasabah dari lorong ke lorong.

“Menindaklanjuti program Bapak Camat Rappocini (Angkutmi Rong) demi Makassar dua kali tambah baik,” ujarnya. Inovasi lainnya di Kecamatan Rappocini, mini wall room, motor pelayanan, ruang pelayanan berbasis IT yang nyaman, medsos dan lain-lain (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya