HTTP Status[404] Errno [0]

Carester Tol Ujung Tanah Siapmi Beroperasi

25 January 2017 21:39
Carester Tol Ujung Tanah Siapmi Beroperasi
Danny Pomanto meninjau Posko Carester Ujung Tanah
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com
Danny Pomanto meninjau Posko Carester Ujung Tanah

Danny Pomanto meninjau Posko Carester Ujung Tanah

BugisPos — Â Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan posko layanan terpadu care and rescue centre (Carester) di Jalan Tol Reformasi Kecamatan Ujung Tanah Makassar siap beroperasi Februari 2017.
Hal itu dikemukakan Danny –sapaan Ramdhan Pomanto– didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar dr Muhammad Rusly saat meninjau posko carester di Makassar, Rabu 25/1/17

Menurut wali kota, pentingnya posko itu sebagai bagian dari upaya pencegahan dini bencana, sekaligus merupakan wadah untuk melakukan kegiatan mitigasi bencana alam.

Sementara itu Kepala Palaksana BPBD Muhammad Rusly mengatakan pengadaan posko carester itu menggunakan dana APBD Kota Makassar yang dibangun di enam titik di jalan tol tersebut.

“Tahap awal pembangunan posko tersebut di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Ujung Tanah, Manggala, dan Tamalanrea,” ujarnya.

Pembangunan carester di Ujung Tanah sudah rampung dan diperkirakan bisa difungsikan bulan depan.

Sementara pembangunan carester di Kecamatan Tamalanrea dan Manggala, kata Rusly, pihak BPBD memfokuskan anggaran pembangunan carester tahun 2017.

Menurut dia, pembangunan carester di tiga kecamatan ini (Ujung Tanah, Manggala dan Tamalanrea) dianggap sebagai wilayah yang rawan bencana, terutama bencana alam banjir jika terjadi musim hujan.

“Posko layanan carester ini nantinya siaga 24 jam dan akan disiapkan beberapa unit kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan `home care`, serta petugas satuan polisi pamong praja (Satpol PP), `punggawata` dan aparat kepolisian,” katanya.

Ia mengatakan, di posko tersebut juga akan dibuka `call center` sebagai wadah masyarakat menyampaikan informasi ketika terjadi masalah atau bencana yang dihadapi.

Pihak BPBD Kota Makassar sebelumnya telah melakukan kajian untuk membangun carester di enam titik lokasi Jalan Tol Reformasi itu antara lain di kawasan yang melayani Kecamatan Ujung Tanah, Wajo, Bontoala, dan Tallo.

Selain itu di Perumahan BTP Blok M Kecamatan Tamalanrea, di Jalan Tamangapa Raya sebelum RPH untuk melayani Kecamatan Manggala- Panakukkang.

Berikutnya di samping Terminal Regional Daya di Kecamatan Biringkanaya, kemudian di Jalan Sultan Alauddin terletak di simpang tiga untuk melayani Kecamatan Rappocini dan Tamalate, serta di Jalan Metro Tanjung Bunga dekat Danau GTC untuk melayani Kecamatan Mariso dan Kecamatan Makassar. ant


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya