HTTP Status[404] Errno [0]

Patung Ramang Kembali Berdiri di Makassar

01 February 2017 21:51
Patung Ramang Kembali Berdiri di Makassar
Patung Ramang pindah ke Losari
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – PatungRamang dulu pernah berdiri di tepi lapangan Karebosi hingga periode walikota Ilham Arief Sirajuddin. Patung itu berdiri di tepi jalan masuk karebosi sebelah utara. Tapi kemudian dibongkar terkait revitalisasi lapangan Karebosi.

Walikota Danny Pomanto tak ingin kehilangan sosok legenda sepak bola Indonesia bernama Ramang dari Makassar, maka dibangunlah kembali patung Ramang ini di Losari, sebagai lambang sejarah sepak bola Makassar yang pernah merambah Indonesia di masa lalu.

Danny Pomanto pun meresmikan patung Ramang di Anjungan Pantai Losari, tepat di seberang Masjid Amirul Mukminin (Masjid Terapung), Rabu, 1 Januari 2017.

Hadir pada peresmian itu, sejumlah sahabat, anak Anwar Ramang, menantu Nurjannah Anwar, dan cucu Ramang (Alm.). Juga hadir suporter PSM Macs Man. Mendampingi Wali Kota Danny, hadir Wakil Walikota Dr Syamsu Rizal, dan Sekertaris kota Makassar Ibrahim Saleh.

“Hari ini kita meresmikan patung dari seorang legenda sepak bola Makassar, Sulawesi Selatan, dan Indonesia timur,” kata Walikota.

Peresmian patung Ramang, lanjut Danny, menjadi awal bagi munculnya talenta pesepakbola di Makassar yang kelak mengharumkan nama Makassar hingga ke manca negara.

Proses pembuatan patung Ramang tak lepas dari keikutsertaan keluarga Ramang dalam memberikan masukan agar patung yang didirikan betul – betul menyerupai sosok Ramang sesunguhnya.

Syamsuddin Umar, mewakili keluarga dan sahabat Ramang menuturkan, sejarah Ramang tak lepas dari keberadaan PSM (Persatuan Sepak Bola Makassar) klub sepak bola yang dibela Ramang sepanjang karir sepak bolanya.

“Dulu patung Ramang pernah dibongkar dan hari ini pak wali kembali membangunnya,” kata Syamsuddin Umar.

Ia optimis dengan diresmikannya patung Ramang akan membawa kembali kejayaan sepak bola Makassar di bawah bendera PSM yang selama ini sempat terpuruk.

Sosok Ramang dan PSM adalah satu kesatuan yang tidak dapat dilishakan. Selama ini, kata Wali Kota Danny, Makassar tidak hanya dikenal karena kulinernya, Makassar juga dikenal berkat sepak bolanya karena ada Ramang, PSM, dan suporter PSM yang selalu mendukung tim sepak bola kebanggaannya di setiap laga yang dilakoninya.

Keberadaan patung Ramang di anjungan pantai Losari memberikan media edukasi bagi anak – anak Makassar, mengenal sosok Ramang yang menjadi bagian dari sejarah Makassar.

Di peresmian patung Ramang, Wali Kota Danny, dan suporter PSM Macs Man menyerahkan bantuan dana kepada keluarga Ramang yang diwakili oleh menantu Ramang, Nurjannah Anwar (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya