HTTP Status[404] Errno [0]

Teh Hitam Antar Adius Kusnan Raih Gelar Doktor

24 August 2017 06:10
Teh Hitam Antar Adius Kusnan Raih Gelar Doktor
Dr. Adius Kusnan, S.Kep, Ns. M.Kes
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Dr. Adius Kusnan, S.Kep, Ns. M.Kes

BugisPos — Dr. Adius Kusnan, S.Kep, Ns. M.Kes yang merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Kendari pada tanggal 18Agustus 2017 kemarin menjalani proses Ujian Promosi Doktor di Aula Prof. dr. Hardjoeno Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.

Ujian ini dalam rangka diperolehnya gelar Doktor pada bidang Ilmu Kedokteran dengan Disertasi “PengaruhTeh Hitam (Camellia SinensisL.O.Kuntze) Terhadap Peningkatan CD4, IMT dan Penurunan Viral Load Pada Penderita HIV”. Bertindak sebagai tim penguji dalam Ujian promosi doctor ini diantaranya: Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc, Sp, GK (K) sebagai Promotor, dan Co-Promotor yakni, dr. Agussalim Bukhari, Ph.D, M.Sc, Sp, GK (K) serta Prof. Dr. Natsir Djide, MS, Apt. Selain itu anggota penguji lainnya yakni, Prof. Dr. dr Andi Asadul Islam, Sp. BS, Prof. dr. Rosdiana Natsir, Ph.D, Sp. Blok, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.d, Dr. Dadan Rohdiana, ST, MP, dan Dr. dr. Burhanuddin Bahar, MS.

Adius yang lahir di Usuko Buton pada tanggal 24 Desember 1973, melakukan penelitian ini guna untuk membuktikan adanya pengaruh Suplemen Teh Hitam (Camellia SinensisL.O.Kuntze) terhadap peningkatan CD4, IMT dan penurunan viral load pada sejumlah kelompok intervensi penderita HIV dengan cara membandingkan beberapa kelompok yang mengkonsumsi suplemen the hitam dan regimen ARV, penerima regimen ARV, peningkatan IMT pada kelompok intervensi maupun kelompok control.

Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 sampai dengan bulan Oktober 2016 di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Rumah Sakit Universitas Hasanuddin dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, dengan menggunakan bahan terapi dari regimen ARV dan Teh Hitam diproduksi (PTPN VIII).

Selainitu, populasi dan sampel yang digunakan yakni semua penderita HIV dengan kriteria penderita berusia 17-40 tahun keatas yang berkunjung ke Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan menggunakan metode eksperimental dengan rancangan modifikasi pre test dan post test randomized controlled group.

Dalam hasil penelitiannya, Adius Kusnan dapat membuktikan bahwa Suplemen Teh Hitam dan Regimen ARV memberikan pengaruh terhadap peningkatan imunitas pada kelompok intervensi dengan bukti terjadi peningkatan kadar CD4 pada penderita, perbaikan status gizi kelompok intervensi dengan membuktikan terjadi peningkatan IMT, penuruna ROS dan replikasi virus pada kelompok intervensi dengan bukti penurunan viral load pada penderita HIV.

Mahasiswa S3 Pascasarjana Unhas ini juga merekomendasikan, agar kiranya Suplemen Teh Hitam potensial dapat dikembangkan menjadi inhibitor pendamping regimen ARV pada penderita HIV/AIDS di Indonesia.

Rekomendasi lainnya yakni agar sebaiknya Teh Hitam yang akan diberikan pada penderita HIV, dibuat dalam bentuk kapsul sehingga lebih terkonsentrasi dan memberikan efek terapeutik yang maksimal. (Mustina)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya