HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota Bagi-bagi Smartphone ke RT RW

28 August 2017 06:10
Walikota Bagi-bagi Smartphone ke RT RW
DP di tengah-tengah kerumunan ketua RT RW se Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

DP di tengah-tengah kerumunan ketua RT RW se Makassar

BugisPos — Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (DP) menyerahkan sebanyak 4.972 unit telepon genggam (HP) kepada seluruh ketua rukun tetangga (RT) usai dilantik dan diambil sumpahnya di Lapangan Karebosi Makassar.
“Semua smartphone yang kita bagikan kepada para Ketua RT itu untuk mempermudah pelayanannya kepada masyarakat,” ujar Danny — sapaan akrab Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu 27/8/17

Ia mengatakan, penyerahan smartphone kepada para ketua RT dan RW dilakukan secara bertahap, sedang pada seremoni pelantikan itu hanya diberikan secara simbolis kepada pewakilan Ketua RT.

Selanjutnya, penyerahan smartphone itu kemudian akan langsung disalurkan oleh para camat dan lurah di masing-masing wilayah agar tugas-tugas pelayanannya bisa berjalan maksimal.

Namun pada penyerahan smartphone itu, ia juga mengaku jika saat ini masih menyalurkan sementara untuk para ketua RT dan selanjutnya ketua RW akan menyusul.

“Penyerahannya bertahap. Kita tuntaskan dulu ketua RT dan setelah itu ketua RW-nya juga akan langsung diberikan. Semuanya pasti dapat karena anggarannya sudah disetujui dewan,” katanya.

Setelah pembagian itu, para SKPD akan turun ke kelurahan untuk memantau RT/ RW. Dengan adanya smartphone masing-masing RT/ RW diharapkan dapat menindak dengan cepat keluhan masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) penasehat wali kota di bidang RT/RW akan disosialisasikan di tahun 2018 mendatang.

Pada umumnya, mereka bertugas sebatas memberikan masukan ke wali kota melalui lurah dan camat untuk pengembangan program yang termaktub dalam sembilan indikator penilaian kerja ketua RT/RW.

Diketahui, sebanyak 5.970 RT/RW terdiri dari 4.972 Ketua RT dan 998 Ketua RW akan dikukuhkan bersama 3.819 Penasehat wali kota bidang RT/ RW dan serta 153 Kepala Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Tak Perlu Dinilai Lurah dan LPM

Pemerintah Kota Makassar akan lebih selektif dan bijaksana lagi dalam menentukan insentif RT/RW.

“Kita semua akan miliki android, dan yang tentukan insentif kita ke depan, bukan lagi camat, bukan lagi lurah dan bukan LPM, tapi hasil kerja yang kita laporkan pada android kita,” terang Walikota DP di sela-sela pelantikan RT/RW se-Kota Makassar.

Danny menegaskan, yang diterima RT/RW ke kedepan bukan bersifat gaji, bukan pula honor tapi insentif berdasarkan kinerja.

“Komputer yang hitung sesuai yang dilaporkan di android. Jadi kalau android mati berarti tidak ada laporan kinerja,” katanya memperjelas.

Danny pun berharap, seluruh RT/RW yang diambil sumpahnya tersebut akan bisa bersinergi dengan baik, menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah diamanahkan.

Sebab kata wali kota peraih adipura asean ini, Kota Makassar butuh tenaga, butuh akumulasi, butuh kesamaan pikiran, butuh dinamika. Untuk itu konsolidasi ke masyarakat sangatlah penting.

“Disinilah peran RT/RW kita sebagai pasukan terdepan, merekalah yang menentukan. Mari kita bekerja bersama, membantu masyarakat dan membantu pemerintah,” tutupnya –ant/@–

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya